Memerlukan Sinergi, Bupati Kapuas Hulu Lakukan Peningkatan Jalan Boyan Tanjung-Hulu Gurung

25 Agustus 2024 15:31 WIB
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan

KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Diadakan di Desa Nanga Betung, Kecamatan Boyan Tanjung, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melaunching Peningkatan Ruas Jalan Boyan Tanjung - Nanga Taman, (Boyan Tanjung - Hulu Gurung).

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, mengatakan untuk mendapatkan dana bagi hasil atau DBH itu tidak gampang. 
Membutuhkan sinergi dengan pihak terkait di tingkat Pemerintah Pusat. 

"Kebetulan kita punya akses ke Pemerintah Pusat sehingga pendanaan ini masuk ke Kapuas Hulu," ujarnya.

Terkait kegiatan launching, kata Bupati,  bertujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat, bahwa ada pekerjaan pembangunan jalan di sekitar tempat tinggal mereka. 

"Dengan hadirnya para tokoh dan Kades dalam kegiatan ini, diharapkan bisa menginformasikan ke masyarakatnya, jadi mereka tahu," tutur Fransiskus 

Ruas jalan Boyan Tanjung ke Nanga Taman panjangnya 27,5 km, dengan anggaran Rp 14,5 Miliar hanya sebagian saja yang tertangani. 

"Masyarakat hendaknya bisa mendukung pelaksanaan pekerjaan sekaligus mengawasinya, agar pekerjaan sesuai ketentuan. Kalau ada tidak sesuai, kalian bisa komplain," ujar Fransiskus.

Selama menjabat, kata Bupati, tentu masih banyak ruas jalan yang belum ditangani. Pembangunan terus dilakukan secara bertahap oleh Pemda Kapuas Hulu. 

"Bagi desa-desa yang belum dapat pembangunan, kami harap bersabar, akan diusahakan di penganggaran selanjutnya, kita lakukan bertahap," urai Bupati Kapuas Hulu.

Kepala Dinas PUPR Kapuas Hulu, Marthen, menegaskan bahwa kegiatan peningkatan ruas jalan Boyan Tanjung - Nanga Taman (Kecamatan Boyan Tanjung - Hulu Gurung) ini dari bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH). 

Anggaran pembangunannya Rp 14,5 miliar dengan masa kerja 135 hari kalender, lalu 180 hari pemeliharaan. 

"Pelaksanaan dilakukan CV Kapuas Membangun," tegasnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar