Festival Merindu Keris Meriahkan HUT Sambas ke-393, Sekda Sambas: Budaya Harus Tetap Lestari

9 Juli 2024 14:08 WIB
Para peserta festival merindu keris, sedang adu tanding mendirikan keris di atas meja triplek, Selasa (9/7/2024). (Insidepontianak.com/Antonia Sentia)

SAMBAS, insidepontianak.com – Peringatan hari jadi Sambas yang ke-393 tahun, turut dimeriahkan dengan festival merindu keris, di halaman Keraton Sambas, Selasa (9/7/2024).

Dalam festival merindu keris ini, para peserta yang hadir mewakili beberapa kabupaten di Kalbar beradu ketangkasan dalam mendirikan keris di meja triplek.

Setiap peserta yang bisa mendirikan keris dalam waktu 2-3 menit, akan menjadi pemenangnya. Lomba ini memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

Sekda Sambas, Ferry Madagaskar mengungkapkan, Festival Merindu Keris merupakan yang pertama kalinya diadakan di Kabupaten Sambas.

“Merindu keris adalah yang pertama di Kabupaten Sambas, kita lihat tadi pesertanya itu cukup ramai dari beberapa kabupaten,” ujarnya.

Untuk meningkatkan budaya dan kelestarian budaya keris di Kabupaten Sambas, ia berkomitmen di tahun berikutnya Festival Merindu Keris akan ditingkatkan dan menjangkau lebih banyak peserta.

“InsyaAllah nanti tahun depan akan kita tingkatkan lagi se-Kalbar, soalnya ini merupakan ciri khas Kabupaten Sambas yang harus kita lestarikan,” ucapnya.

“Di hari jadi kota Sambas yang ke 393 kami dari pemerintah Daerah Kabupaten Sambas mengucapkan selamat dan kita bersama-sama dari pihak istana dengan masyarakat akan berkolaborasi untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Sambas,” tutupnya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment