Yunisa Satono Harap Duta Genre Bantu Pemerintah Cegah Pernikahan Dini

18 Juli 2024 15:15 WIB
Ketua TP PKK Kabupaten Sambas yang juga Bunda Genre, Yunisa Satono foto bersama dengan para peserta Jambore Duta Genre se-Kabupaten Sambas, Kamis (18/7/2024). (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com – Ketua TP-PKK Kabupaten Sambas, Yunisa Satono harap duta genre bantu pemerintah cegah pernikahan dini.

Pesan itu disampaikan Yunisa saat membuka Jambore Generasi Berencana (Genre) yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sambas, Kamis, (18/7/2024).

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu rangkaian Peringatan HUT ke-393 Kota Sambas dan Hari Jadi ke-25 Perpindahan Ibu Kota Kabupaten Sambas. 

Adapun Jambore Genre se-Kabupaten Sambas ini mengusung tema: “Generasi Gemilang, Remaja Sambas Berkemajuan.”

Yunisa Satono mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, bersinergi dan berkontribusi untuk melakukan kegiatan tersebut.

Kegiatan jambore ini, sekaligus akan menghelat pemilihan Duta Genre yang diikuti para remaja-remaja.

Mereka nantinya akan berperan memberikan wawasan kepada generasi muda atau teman sebayanya tentang kesehatan reproduksi dan bahaya pernikahan dini.

“Selain itu juga bisa mewujudkan generasi yang bebas narkoba, HIV/AIDS dan lain sebagainya," lanjutnya.

Kata Yunisa, melalui Duta Genre diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menurunkan angka pernikahan dini, kehamilan remaja, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perencanaan masa depan di kalangan remaja di Kabupaten Sambas.

"Dengan adanya kegiatan ini juga bisa menjadi suatu benteng bagi generasi-generasi kita yang akan datang sehingga tidak tergiur akan adanya narkoba ataupun sejenis obat obatan yang dilarang," katanya.

Yunisa menyebutkan, pemilihan Duta Genre ini dipilih bukan yang good looking. Tetapi yang bisa public speaking.

Agar nantinya Duta Genre bisa melakukan sosialisasi kepada anak-anak remaja ataupun anak muda yang ada di lingkungan mereka.

Ia pun berharap, semogga dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi kontribusi yang baik khususnya kepada anak dan bisa diimplementasikan kepada lingkungan sekitar.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar