Ratih Kumala Dewi Anggota DPRD Sanggau, Berjuang Demi Kepentingan Rakyat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Efipania Ratih Kumala Dewi Anggota DPRD Kabupaten Sanggau dari partai Golkar.

Dari 40 anggota yang duduk di kursi wakil rakyat, Ratih merupakan salah satu perempuan yang berjuang untuk masyarakat Sanggau, khususnya di Kecamatan Kapuas.

Ratih meniti karir politik sejak usia muda, hanya berbekal ijazah SMA, ia mulai aktif di partai politik sejak tahun 2002. Partai yang ia pilih saat itu adalah partai Golkar dan masih sampai saat ini.

"Saya mulai bergabung di partai politik itu pada tahun 2002, jadi sudah cukup lama, partainya itu Partai Golkar. Kebetulan memang pada saat itu paman saya sebagai anggota DPRD Sanggau sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Sanggau," ujar Ratih bercerita, Kamis (9/11/2023).

Walau tak berkuliah, Ratih menempa dirinya serta menambah wawasan dan pengetahuan dengan terlibat aktif diberbagai organisasi masyarakat, perempuan dan keagamaan.

"Berjalan waktu, saya juga mengikuti berbagai organisasi. Kalau dihitung mungkin ada belasan dan diantaranya memang organisasi perempuan," katanya.

Ratih yang juga Bendahara DPD Partai Golkar Sanggau itu, untuk pertama kali mencoba peruntungan di politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD tingkat provinsi pada tahun 2009.

"Di 2009 saya mencoba untuk mencalonkan diri, karena memang sudah lama jadi kader partai. Saat itu pertama diberlakukan aturan 30 persen perempuan, saat itu saya dicalonkan di tingkat DPRD Provinsi. Tidak terpilih waktu itu, karena memang dari segi pengalaman belum cukup ya," ungkapnya.

"Tak sampai disitu, saya kemudian di 2014 mencalonkan lagi sebagai anggota DPRD tapi di tingkat kabupaten Sanggau. Hasilnya, setelah cukup berjuang, ternyata hasilnya saya belum terpilih juga," imbuhnya.

Walau sudah dua kali gagal, Ratih mengatakan, sebagai seorang perempuan, pribadi dibentuk manjadi sosok yang pantang menyerah dan pekerja keras. Pada 2019 untuk ketiga kalinya ia mencalonkan diri dan akhirnya di berikan kepercayaan oleh masyarakat.

"Kemudian, di tahun 2019 kemarin, berbekal pengalaman saya dari kontestasi sebelumnya dan organisasi yang saya tekuni akhirnya terpilih di Dapil I Kapuas ini," ucapanya.

Sekarang Efipania Ratih Kumala Dewi di periode pertama (2019-2024) sebagai anggota DPRD Sanggau dan anggota Komisi IV fokus melakukan kegiatan pemberdayaan perempuan dan mendorong inovasi kreatif bagi anak-anak muda. Kedepannya, di Pemilu 2024 ia juga akan kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Sanggau di Dapil I Kapuas. (ans)


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar