Pemuda Muhammadiyah Kalbar Lakukan Ekpedisi Batas Negeri dengan Beragam Kegiatan

16 Agustus 2024 13:41 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Suasana Ramai Pos Pemeriksaan Pengobatan Kesehatan Gratis dalam kegiatan Ekspedisi Batas Negeri Pemuda Muhammadiyah Kalbar di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Jum'at (16/8/2024).

SANGGAU, insidepontianak.com -- Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kalimantan Barat (Kalbar) melaksanakan "Ekspedisi Batas Negeri" di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Ketua PWPM Kalbar, Ajie Kurniawan mengatakan pelaksanaan "Ekspedisi Batas Negeri" merupakan bentuk pengabdian dan perhatian kepada masyarakat di daerah terluar Indonesia. Terutama pada sektor kesehatan yang masih belum maksimal didapatkan oleh masyarakat.

"Yang sekarang sedang berjalan ada kegiatan donor darah, pemeriksaan kesehatan, sunatan massal dan nanti malam ada safari dakwah," kata Ajie Kurniawan saat pembukaan kegiatan pada Jum'at, (16/8/2024) pagi di Pasar Baru Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Lanjutnya, masyarakat Kecamatan Entikong sangat antusias menyambut kegiatan tersebut. "Untuk sunatan massal ada seratusan anak mendaftar dan pemeriksaan kesehatan ada dua ratus tiga puluhan yang mendaftar," kata Ajie sapaan akrab Ketua Pemuda Muhammadiyah Kalbar itu.

Ajie menambahkan, seiring dengan momentum hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-95, pada Sabtu, (17/8/2024) Pemuda Muhammadiyah juga akan mengikuti pelaksanaan upacara bendera HUT RI di perbatasan, yang dipusatkan di lapangan Pasar Baru Entikong.

"Setelah itu Pemuda Muhammadiyah akan melangsungkan pembentangan bendera (merah putih,red) itu sepanjang 197 meter dan setelah itu akan ada deklarasi Pilkada damai," ujarnya.

Turut hadir, sekaligus membuka kegiatan tersebut, Pejabat (Pj.) Bupati Kabupaten Sanggau, yang diwakili Asisten Setda, Bidang Administrasi Umum, Burhanudin.

Dalam sambutannya, Ia mengucapkan terimakasih serta apresiasi atas upaya Pemuda Muhammadiyah membantu masyarakat Sanggau yang berada di wilayah perbatasan. Terlebih, masyarakat mendapatkan layanan kesehatan secara cuma-cuma.

"Karena ini lah sesuai dengan program-program yang dilaksanakan pemerintah. Seperti kita tahu cinta negara sebagian dari iman," ucapnya.

Burhanudin juga berharap, Pemuda Muhammadiyah bisa terus memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan masyarakat Kalbar khususnya masyarakat Kabupaten Sanggau.

Tutupnya, pemerintah daerah Kabupaten Sanggau selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan perserikatan Muhammadiyah dalam berbagai kegiatan yang memberikan kebermanfatan bagi masyarakat. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar