Wamendagri John Wempi Pimpin Upacara HUT RI ke-79 di Perbatasan Entikong

17 Agustus 2024 14:40 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Suasana Upacara Bendera HUT RI ke-79 di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Sabtu (17/8/2024) Lapangan Pasar Baru Entikong.

SANGGAU, insdepontianak.com --  Upacara bendera peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-69 di perbatasan Indonesia-Malaysia, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat berlangsung penuh penghayatan serta tak kalah khidmat dari tempat lainnya.

Upacara bendera hari kemerdekaan Sabtu, (17/8/2024) itu dihadiri oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Republik Indonesia, John Wempi Wetipo, sekaligus bertindak sebagai Inspektur. 

Dari pantauan insidepontianak.com, ratusan peserta dari berbagai kalangan baik pelajar hingga masyarakat biasa. Mereka dengan penuh semangat mengikuti upacara dengan penuh semangat. 

Wamendagri,  John Wempi Wetipo mengatakan, sebagai warga negara Indonesia sewajar mengungkapkan syukur kepada tuhan yang maha esa, karena kita bisa menikmati alam kemerdekaan ke-79. 

Menurutnya, momentum hari kemerdekaan menjadi inspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk menapaki tiga momentum penting kehidupan berbangsa dan bernegara. Momentum penting itu adalah hadirnya ibu kota negara (IKN) baru, hadirnya pemimpin (presiden) baru Indonesia dan dimulainya visi jangka panjang Indonesia emas 2045.

"Tiga landasan penting itu jadi landasan penting bagi kita dalam mewujudkan Indonesia lebih maju, berdaulat dan sejahtera," tegasnya.

Lalu, kata Wamendagri, pelaksanaan upacara bendera HUT RI ke-79 di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, Kecamatan Entikong merupakan penegasan dari negara terhadap komitmen membangun wilayah perbatasan ke arah yang lebih baik dan memastikan semangat kemerdekaan sampai kepada tiap-tiap masyarakatnya.

"Bahwa kita juga perlu mengangkat harkat derajat martabat bangsa, apalagi masyarakat-masyarakat diwilayah perbatasan," ujarnya.

"Perbatasan bukan hanya garis batas teritorial. Tetapi, sebagai etalase bangsa yang menunjukan wajah Indonesia kepada dunia," imbuhnya.

Kemudian, Ia mengajak seluruh element bangsa untuk bersama memperkuat komitmen dalam mewujudkan kesejahteraan Indonesia yang merata diseluruh pelosok tanah air.

"Bersama ini kita wujudkan perbatasan yang kuat, sejahtera dan jadi kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia," harapnya sembari menutup. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar