Wamendagri Jhon Wempi Apresiasi Ekspedisi Batas Negeri Pemuda Muhammadiyah Kalbar

17 Agustus 2024 15:43 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Pemuda Muhammadiyah Kalbar bentangkan bendera merah sepanjang 179 meter dalam momentum HUT RI ke-79 di perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau pada Sabtu (17/8/2024) di lapangan Pasar Baru Entikong.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Dalam momentum upacara bendera hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, Pimpiman Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kalimantan Barat membentangkan bendera merah putih sepanjang 179 meter.

Pembentangan bendera merah putih dilakukan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau pada Sabtu (17/8/2024) siang.

Bendera yang sangat panjang itu dibentangkan oleh ratusan orang yang terdiri dari Pemuda Muhammadiyah bersama peserta upacara lainnya. 

Tampak bendera pusaka merah putih mengelilingi lapangan Pasar Baru Entikong yang dijadikan tempat dilaksanakan upacara dan menyita perhatian masyarakat. 

Aksi kejutan, diluar agenda Upacara Bendera HUT RI ke-79 di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Entikong tersebut menarik perhatian Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Republik Indonesia, John Wempi Wetipo yang saat itu hadir sekaligus menjadi inspektur upacara.

"Ini langkah yang sangat positif yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah. Saya mewakili Bapak Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia memberi apresiasi kepada Pemuda Muhammadiyah," ucapnya.

Lanjutnya, generasi muda sebagai pewaris bangsa Indonesia harus memiliki jiwa nasionalisme yang tak tergoyahkan.

"Itu adalah potret kita membangun ideologi yang tuntas jangan sampai kita terpapar ideologi lain yang merusak wujud persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Wamendagri menilai, apa yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah Kalbar merupakan wujud nasionalisme generasi muda yang patut di contoh. 

"Saya berharap pemuda-pemuda lain juga ikut melakukan hal yang sama kita membangun wilayah perbatasan  bukan hanya pemerintah tapi juga sinergi bersama," harapnya. 

Sementara itu, Ketua PWPM Kalbar, Ajie Kurniawan mengatakan, pembentangan bendera merah putih sepanjang 179 meter itu merupakan rangkaian kegiatan Ekspedisi Batas Negeri yang telah dimulai sejak sehari sebelumnya.

Menanggapi komentar dari Wamendagri RI, Ajie mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang telah diberikan kepada Pemuda Muhammadiyah Kalbar.

"Kami Pemuda Muhammadiyah Kalbar turut ambil bagian dalam memastikan semangat kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 hadir di tengah masyarakat perbatasan, khususnya hari ini di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau," pungkas Ajie Kurniawan.

Ajie menegaskan, pihaknya akan terus melaksanakan kerja-kerja organisasi yang memberi manfaat kepada masyarakat luas khsuusnya di Kalbar. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar