Ribuan Masyarakat di Kecamatan Kapuas Rela Antre Dapatkan Pangan Murah

19 Agustus 2024 09:27 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Antrean panjang pembeli pada Operasi Pasar Murah Disperindagkop UM Kabupaten Sanggau di Pasar Seroja Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas pada Senin (19/8/2024) pagi.

SANGGAU, insdepontianak.com -- Operasi pasar murah Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkop UM) pada Senin (19/8/2024) berlokasi di Pasar Seroja, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas diserbu ribuan pembeli.

Kepala Disperindagkop UM, Syarif Ibnu Marwan Alqadrie mengungkapkan sejumlah bahan pangan utama seperti beras dan minyak goreng harganya sedang merangkak naik.

"Terutama beras kami sudah cek di pasar-pasar di Kecamatan Kapuas ini, untuk beras merek Fortune saja sudah 88 ribu," kata Marwan pada Senin (19/8/2024) di lokasi operasi pasar murah.

"Untuk minyak curah saja sudah mencapai 17 sampai 18 ribu, juga minyak premium itu di angka 20 ribu," imbuhnya.

Menurutnya, operasi pasar murah ini sebuah langkah pemerintah untuk mengendalikan inflasi daerah dan membangkitkan daya beli masyarakat. Adapun subsidi yang diberikan pemerintah untuk setiap paket sebesar Rp.50.000.

"Jumlah total ada 3.000 paket, per paket ada beras 5 kilo, minyak goreng 1 kilo dan gula pasir 1 kilo, bisa ditebus dengan harga 70 ribu rupiah," ujarnya Marwan.

Ditanyain soal angka Inflasi Kabupaten Sanggau per-minggu ini, Marwan tak menjelaskan secara detail. "Angka inflasi kita di terlalu tinggi masih dibawah standar nasional," terangnya singkat.

Marwan menerangkan, untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten Sanggau menganggarkan operasi pasar murah untuk lima kecamatan. Yaitu Kecamatan Entikong, Sekayam, Noyan, Kembayan dan Kapuas.

"Namun ada permintaan dari Kecamatan Parindu jadi kuota Kecamatan Kapuas kita bagi dua dengan Parindu," ujarnya. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar