33 Desa di Sanggau Dapat Tambahan Anggaran dari Kemenkeu, Harap Pacu Program Menyejahterakan

7 September 2024 08:35 WIB
Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPemdes) Kabupaten Sanggau, Eddy Santana. (Insidepontianak.com/Ansar)

SANGGAU, insidepontianak.com - Pemerintahan Kabupaten Sanggau, menerima alokasi dana insentif desa dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebesar Rp4 miliar, untuk dibagi kepada 33 desa.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPemdes) Kabupaten Sanggau, Eddy Santana mengatakan, insentif ini diberikan oleh untuk desa yang dinilai kinerjanya baik. 

"Untuk Kabupaten Sanggau, dari 163 Desa, 33 desa yang mendapatkan dana tersebut,” kata Eddy, Jumat (6/9/2024) siang. 

Adapun kriteria desa yang terima anggaran tambahan insentif Kemenkeu adalah desa yang memiliki program perencanaan yang baik. Kemudian memiliki manajemen pengelolaan keuangan yang bebas korupsi, memiliki penyediaan layanan publik dan punya program penguatan ketahanan ekonomi.

"33 desa dengan kretieria itu akan terima tambahan insentif masing-masing senilai Rp120.430.000," terangnya.

Penyaluran dana tambahan insetif ini dilaksanakan berdasarkan keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 352/2024.

Eddy berharap, dana tambahan ini bisa mendorong pemerintah desa lebih optimal melaksanakan program pembangunan yang menyejahterakan masyarakat desa. Utamanya pada program prioritas, seperti kemiskinan, stunting dan ketahan pangan.

“Jadi intinya dana tambahan insentif desa ini hadir sebagai inovasi, guna memacu pemerintah desa memperbaiki tata kelola pemerintahannya,” ucap Eddy.***


Penulis : Ansar
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar