Pesan Pj Bupati Sanggau saat Menghadiri Panen Padi di Desa Suka Gerundi Kecamatan Parindu

10 September 2024 21:51 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Pj. Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman saat menghadiri Panen Padi Musim Tanam Gadu di gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tani Hayo, Desa Suka Gerundi, Kecamatan Parindu pada Selasa, (10/9/2024).

SANGGAU, insidepontianak.com - Pj Bupati Kabupaten Sanggau Suherman menghadiri Panen Padi Musim Tanam Gadu di gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tani Hayo, Desa Suka Gerundi, Kecamatan Parindu. 

Luas hamparan yang siap panen adalah 4,80 hektar dari total luasan hamparan 22,30 hektar.

Suherman mengatakan, sektor pertanian masih merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan Kalimantan Barat (Kalbar), khusus Kabupaten Sanggau. Peluang dan potensi sektor pertanian harus dikembangkan, untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi hasil tanam.

"Pada tahun 2023 produksi padi Kabupaten Sanggau 64.524 ton (GKG), dengan varietas-varietas unggul yang baru dan beragam yang baru kita panen pada hari ini kita berharap adanya peningkatan produksi ditahun 2024," kata Suherman.

Kemudian Suherman mengingatkan, langkah cepat dan tepat harus dilakukan oleh para Petani untuk meningkatkan produksi padi, di tengah perubahan iklim yang ekstrem. Di antaranya dengan percepatan olah tanah dan tanam padi dengan menfaatkan sisa air atau potensi air sungai yang ada.

Selain itu, Suherman juga sangat mengapresiasi kesungguhan para Petani di Kecamatan Parindu dalam menggerakkan pertanian sawah dan menanam padi. 

Antusias petani sanggat penting bagi Pemerintah Daerah dalam menjaga ketersediaan pangan bagi masyarakat, juga menjadi prioritas dalam  pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas harga bahan-bahan kebutuhan pokok di pasaran lokal.

"Terima kasih kepada para petani di sini yang telah memanfaatkan bantuan pemerintah dengan sangat baiksl, sehingga pada hari ini telah mendapatkan hasil panen yang sangat bagus," ucap Suherman.

Untuk mendukung sektor pertanian, Suherman juga meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau serta penyuluh pertanian Kecamatan Parindu untuk terus membantu dan mendampingi para petani. Dari sisi pengetahuan terbarukan dan teknologi pertanian yang mutakhir.

Kemudian, Kepala DKPTPHP Kabupaten Sanggau, Kubin mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Sanggau. 

Upayanya melalui intensifikasi atau mengoptimalkan lahan pertanian yang telah ada.

"Intensifikasi pertanian dilakukan melalui program Panca Usaha Tani, yang kemudian dilanjutkan dengan program Sapta Usaha Tani. Upaya meningkatkan produktivitas pertanian ini biasa dimanfaatkan sebagai solusi lahan pertanian yang sempit," kata Kubin

Lanjut Kubin, kegiatan panen padi di Kecamatan Parindu, Desa Suka Gerundi merupakan langkah kongkrit upaya pengendalian inflasi di Kabupaten Sanggau yang telah dimantapkan sebagai panduan kebijakan.

"Semua bekerja keras, bahu membahu mencari solusi untuk menurunkan angka inflasi  khususnya di Kabupaten Sanggau," pungkasnya. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar