Pj Bupati Sanggau Suherman: Kesadaran Perangkat Daerah Minim dalam Hal Zakat

12 September 2024 14:34 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Pj. Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman didampingi Ketua Baznas Sanggau, Hamka Surkati saat membuka acara sosialisasi dan pembentukan UPZ dinas/instansi/badan/perusahaan yang digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sanggau bertempat di Aula Daranante, Kantor Bupati Sanggau, Kamis (12/9/2024) pagi.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Pj Bupati Kabupaten Sanggau Suherman menilai kesadaran perangkat daerah dalam membantu mengumpulkan zakat melalui pengurus unit pengumpul zakat (UPZ) pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau masih sangat minim.

Hal tersebut disampaikan Suherman saat membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dan pembentukan  UPZ dinas/instansi/badan/perusahaan yang digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sanggau bertempat di Aula Daranante, Kantor Bupati Sanggau, Kamis (12/9/2024) pagi.

"Kesadaran dari perangkat daerah ini kurang," cetus Suherman dalam sambutanya.

Suherman yang notabene bukan seorang muslim mengungkapkan kekecewaannya atas minimnya antusiasme dan partisipasi OPD dan instansi yang ada di Kabupaten Sanggau atas sosialisasi dan pembentukan UPZ.

Padahal, menurutnya, Baznas memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan masyarakat sejahtera khususnya di Kabupaten Sanggau.

Sebenarnya, undangan yang telah disebar luaskan oleh Baznas Sanggau dibantu dengan Bidang Kesra, Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sanggau, total ada 58 dinas/instansi/badan/perusahaan yang diundang.

Namun hanya 32 dinas/instansi/badan/perusahaan yang mengirimkan perwakilan untuk menghadiri kegiatan sosialisasi dan pembentukan UPZ.

Selain itu, Suherman sangat mengapresiasi upaya pembentukan UPZ oleh Baznas dalam memaksimalkan potensi zakat yang ada di dinas/instansi/badan/perusahaan di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sanggau.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat memotivasi pengurus UPZ pada dinas, instansi dan badan usaha yang ada di Kabupaten Sanggau dalam mengumpulkan dana zakat, infaq dan sedekah," kata Suherman.

Suherman juga berharap Baznas bisa terus melaksanakan program-program yang menyentuh  isu kemiskinan, stunting dan kesejahteraan dengan konsisten sehingga manfaatnya secara nyata dirasakan masyarakat yang membutuhkan.

"Artinya Baznas betul-betul memiliki peran penting dan strategis dalam membantu mewujudkan program-program strategis nasional dan daerah," ucapnya. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar