PLN Sukses Nyalakan Listrik Puluhan Rumah Warga di Kota Singkawang

28 Agustus 2024 07:18 WIB
Penyalaan listrik secara simbolis di salah satu rumah warga, Kelurahan Maya Sopa, Kota Singkawang, yang dilakukan langsung oleh Forkopimda, Selasa (27/8/2024). (Istimewa)

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Sebanyak 80 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Maya Sopa, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, akhirnya bisa merasakan listrik PLN.

Fasilitas listrik negara ini pun sudah lama didamba dan diperjuangkan. Dan sekarang, sudah bisa dinikmati.

Penyalaan listrik PLN itu telah dilakukan pada, Selasa (27/8/2024). Ini menjadi kado indah bagi 80 KK warga Maya Sopa, di bulan kemerdekaan ke-79 yang baru saja dirayakan.

Ini sekaligus juga menjadi bukti, PLN secara bertahap terus melakukan percepatan pemerataan listrik negara.

Di kegiatan peresmian penyalaan listrik di Kelurahan Maya Sopa, juga dirangkai dengan penyambungan listrik baru secara gratis khusus untuk masyarakat kurang mampu.

Penyambungan listrik gratis itu impmlemen tasi dari program Light Up the Dream (LUTD), yang dibiayai melalui donasi dari pegawai PLN.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mengucapkan syukur dan apresiasi kepada PLN. Berkat sinergisitas antara PLN dan Pemerintah Kota Singkawang, kini masyarakat Maya Sopa bisa merasakan listrik negara.

Ia berharap, dengan hadirnya listrik, menunjang kegiatan perekonomian, dan pendidikan serta memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi maupun hiburan lainnya.

“Saya berharap, semoga dengan masuknya listrik dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di desa Maya Sopa,” ujar Sumastro.

Sumastro juga berpesan kepada masyarakat untuk menggunakan listrik dengan sebaik-baiknya, untuk hal yang produktif.

Manager PLN UP3 Singkawang, Martinus Irianto Pasensi mengucapkan selamat kepada warga yang telah mendapatkan listrik PLN.

“Saya juga terima kasih kepada semua pihak, khususnya Pemerintah Kota Singkawang yang telah mendukung proyek pekerjaan lisdes ini sehingga berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Ia berharap sinergisitas ini selalu terbina untuk menghadirkan pemerataan listrik yang berkeadilan di seluruh wilayah.

Secara rinci Matinus menyampaikan untuk mengalirkan listrik ke 80 rumah kepala keluarga di Maya Sopa PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 7,5 kilometer sirkuit (kms).

Kemudian, dibangun juga Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2 kms, serta 1 gardu distribusi dengan total kapasitas 250 kilo Volt Ampere (kVA).

Martinus mengajak seluruh masyarakat, menjaga infrastruktur jaringan PLN yang baru dibangun ini. Jangan menanam pohon di bawah jaringan.

“Apabila ada dahan atau pohon yang terkena jaringan, direlakan untuk di pangkas atau ditebang demi kelancaran pasokan listrik dan keamanan serta kenyamanan,” pesannya.

General Manager PLN Kalbar, Joice Lanny Wantania pun berharap, kehadiran listrik di Maya Sopa Singkawang ini mampu mendorong peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Ini merupakani wujud komitmen PLN dalam mendukung pemerataan akses listrik desa di pelosok negeri,” katanya.***


Penulis : Abdul Halikurrahman/ril
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar