Kuliner Berbuka Puasa Wajib Bagi Orang Pontianak: Ada Gorengan hingga Kue Manis

12 Maret 2024 07:02 WIB
ilustrasi gorengan/istockphoto

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tak terasa, puasa bulan Ramadhan 2024 di depan mata, pastinya sudah siap-siap untuk menu sahur dan berbuka di hari pertama? 

Nah, orang Kalimantan Barat, terutama orang Pontianak semua etnis sangat menyukai  beberapa menu khas setempat. Dari mulai gorengan, kolak, kue manis hingga buah-buahan lho. 

So, makanan atau hidangan apa saja yang biasa disantap di hari pertama puasa, baik berbuka atau sahur? Nah, mimin akan bagikan beberapa kuliner khas warga Pontianak saat bulan puasa. 

Biasanya, kantin Ramadhan atau pusar juadah penuh kuliner khas Ramadhan. Biasanya juga, menu-menu berbuka akan sangat mudah ditemukan di sana. 

Berikut kuliner lokal khas Kota Pontianak saat bulan puasa: 

1. Gorengan

Ini salah satu menu wjaib tak hanya orang Pontianak saja tapi hampir seluruh warga Indonesia wajib ada di depan meja saat berbuka bukan? Namun, bedanya di Kota Pontianak gorengan laris manis bak kacang goreng, terutama gorengan bakwan lawit yang juara abis. 

2. Kue Manis

Nah, ini juga wajib ada saat berbuka puasa. Terutama kue khas lokal Pontianak, seperti kue bingke, kue talam hingga blodar. Siapa yang tak tahu rasa manis dan gurih dari kue bingke khas Pontianak ini. Pastinya, kuliner kue manis akan menambah semangat saat hendak berbuka puasa bukan? 

3. Kue Lembut

Kue lembut maksudnya kuliner yang lembut dan kenyal plus gurih. Biasanya chai kue paling laris diburu saat bulan puasa. Di setiap pasar juadah, menu satu ini tidak pernah absen selau saja habis saat dijual. 

Kalian harus tahu chai kue atau choi pan merupakan salah satu jajanan khas Pontianak perpaduan kuliner Tionghoa. Chai kue terbuat dari tepung sagu dan tepung beras sementara untuk isian ada bengkuang yang dipadu dengan kucai dan kacang tanah, ada juga isian keladi. 

4. Kolak

Kolak, hampir smeua daerah selalu ada kuliner satu ini. Di Kota Pontianak kolak pisang dicampur isian durian paling best seller di seytiap pasar atau kanting juadah. Kolak yang segar ditambah perpaduan manis serta harus durian makain melengkapkan puasa. 

5. Minuman Dingin

Jika bicara menu dingin, pastinya orang Pontianak akan mengaju pada che hun tian. Nah, ce hun tian adalah minuman dimgind engan mie sagu, ketan hitam, kacang merah ditambah gula merah dan santan manis. 

Di Jalan WR Supratman, yakni Ce Hun Tiau Ahua paling terkenal. Tak pernah sepi, apalagi jika bulan puasa pastinya antri yaa. 

Demikian informasi kuliner laris manis di bulan puasa. Selamat berpuasa sobat Inside. (REDAKSI)

Leave a comment