Mengenal Bingke Al-Fajar Pontianak: Eksis Selama 30 Tahun, Tak Pudar Meski Banyak Pesaing

18 Maret 2024 08:00 WIB
kue bingke Al-Fajar Pontianak

PONTIANAK, insidepontianak.com - Jika bicara kue bingke khas Pontianak, maka yang terbersit pertama kali adalah pusat kue Bingke Al-Fajar. 

Bingke Al-Fajar adalah salah satu pusat oleh-oleh bingke khas Pontianak yang kini sudah memiliki banyak cabang di Kalimantan Barat. 

Ternyata, bukan mudah mencapai sukses hingga diraih Bingke Al-Fajar ini karena banyak kisah dan cerita didalamnya. 

Bingke Al-Fajar berdiri sejak tahun 1994, dengan merintis usaha kecil-kecilan hingga besar seperti sekarang ini. 

Thukah kalian bahwa kue bingke adalah salah satu dari warisan tak benda dari Kota Pontianak yang sudah terkenal, terutama di kalangan pendatang. 

Umumnya, saat wisatawan datang ke Kota Pontianak, kue bingke pasti jadi pilihan utama untuk buah tangan. 

Di Kota Pontianak ada banyak pilihan untuk tempat menjual kue bingke. Seperti Bingke Al-Fajar, Bingke Kamboja, Bingke Khatulistiwa hingga Bingke Tok Lah. 

Meski sudah banyak saingan yang membuka menu yang sama, tapi Bingke Al-Fajar selalu jadi pilihan diantara banyak kuliner serupa. 

Citarasa dan khas Bingke Al-Fajar memang tak pernah salah, lidah pengunjung yang datang ke gerai-gerai Bingke Al-Fajar umumnya memilih karena rasnaya tetap tak berubah.

Seperti diungkapkan salah satu pengunjung Bingke Al-Fajar ditemui belum lama ini di pusatnya Jalan Adi Sucipto. 

Namanya Yanti (40), ia mengaku rasa Bingke Al-Fajar beda dengan bingke lainnya. Terutama rasa original, asin dan susu. 

"Terutama yang original, beda dengan yang lain. Jadi, karena selalu beli di sini, saya tidak pernah membeli selain Bingke Al-Fajar," ujarnya. 

Selain Bingke Al-Fajar ada tempat lain yang akan mimin rekomendasikan. 

1. Bingke Kamboja 

Kalau toko kue Bingke Kambojo ini berada di Jalan Tanjung Pura No.310, Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243. 

Di sana, kamu tak hanya bisa membeli kue bingke saja tapi juga panganan khas lokal Pontianak bisa dengan mudah kamu temukan. 

2. Bingke Khatulistiwa

Bingke Khatulistiwa terletak di Jalan Adi Sucipto No.155 A, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124. 

Nah, di Bingke Khatulistiwa ini juga terkenal dengan kue bingke terenak lho dari para pengunjung luar daerah. 

Di sana terkenal dengan kue Bingke Berendam, Bingke Susu, Bingke Pandan, Bingke Durian, Bingke Ubi dan masih banyak varian lain. Soal harga dari mulai Rp 16.000 hingga Rp 25.000. 

3. Bingke 61

Kamu juga bisa mendatangi Bingke 61 yang juga menawarkan banyak varian rasa dari kue bingke ini. 

Bingke 61 terletak di Jalan KHW. Hasyim No.61, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78117. 

4. Bingke Tok Lah

Terakhir, mimin punya toko kue Bingke Tok Lah. Dari namanya sangat Melayu sekali yaa mom. Nah, di sini kamu juga akan disuguhkan banyak rasa dari bingke dengan konsep kekinian. 

Bingke Tok Lah terletak di Jalan Putri Candramidi Gg. Saptajaya No.4, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116. (REDAKSI

Leave a comment