Pemrov Kalbar Gelar FGD Bahas Program Percepatan Desa Maju dan Mandiri

8 Juni 2024 06:54 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat adakan Forum Group Disscusion (FGD), di Hotel Harris Pontianak, Senin (4/3/2024).

FGD ini menjadi wadah diskusi untuk merumuskan program-program strategis percepatan membangun desa yang maju dan mandiri, supaya bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Erni Muchsin mengatakan, FGD ini juga sekaligus sebagai penataan lembaga kemasyarakatan desa dan kelurahan yang diharapkan bisa menciptakan masyarakat yang aktif dalam membantu pembangunan desa.

“Mengoptimalkan peran LKD sebagai mitra pemerintah dan wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemerintahan, kemasyarakatan dan pemberdayaan yang mengarah kepada demokratisasi dan transparansi di dalam masyarakat,” katanya.

Plh Sekda Kalbar, Natalia Karyawati berharap dengan adanya FGD ini bisa menjadi tempat bagi seluruh kepala desa dan lurah untuk dapat bertukar gagasan dalam meningkatkan peran LKD di masyarakat.

“Saya berharap, FGD ini bisa menjadi wadah yang tepat untuk bertukar informasi, ide, dan gagasan, dalam rangka meningkatkan peran LKD sebagai mitra pemerintah dalam mengatasi masalah pembangunan dan pemberdayaan di Desa maupun Kelurahan yang ada di Kalimantan Barat,” ucapnya.

Kegiatan FGD ini akan berlangsung mulai dari 4 Maret - 6 Maret 2024. Diikuti 80 peserta dari kepala desa dan lurah se-Kalimantan Barat, organisasi perangkat daerah bidang pemberdayaan masyarakat dan desa pada 14 kabupaten kota, tenaga ahli pemberdayaan masyarakat provinsi, dan tenaga ahli manajemen konsultan.(nia)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment