Kodam XII/TPR Dukung Untan Pontianak Tuan Rumah KKN Kebangsaan XI 2023, Rektor Untan Berikan Apresiasi

8 Januari 2023 04:37 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto mendukung Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Kalimantan Barat, menjadi tuan rumah Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan XI 2023.

Mayjen TNI Sulaiman Agusto juga ingin sukseskan Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan XI 2023.

"Kami siap mengerahkan bantuan mobilisasi mahasiswa dari Pontianak ke kabupaten, mengirim, dan melibatkan Satgas Pengamanan Perbatasan," ujar Mayjen TNI Sulaiman Agusto di Pontianak, Sabtu (6/1/2023).

Baca Juga: DN Si Penjahat Kambuhan Kembali Diringkus, Tak Jera Mencuri Meski sudah Keluar Masuk Penjara

Tidak hanya situ, Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto akan menyediakan atraksi terjun payung saat acara pembukaan yang akan melibatkan dua kodim dan seluruh babinsa yang menjadi lokasi kegiatan.

Ia mengusulkan agar kegiatan KKN Kebangsaan XI 2023 diisi dengan program mengajar di perbatasan, penyuluhan kesehatan, dan pelibatan masyarakat bersama TNI dalam mewujudkan pagar hidup perbatasan.

"Pelibatan masyarakat tersebut dalam rangka menjaga kedaulatan negara dari berbagai tindak kejahatan, jalur gelap pengiriman TKI, kawasan perdagangan gelap, penyeludupan manusia, terutama wanita, pintu masuk narkotika, dan lain sebagainya," jelas dia.

Sebelumnya, Rektor Untan Pontianak Profesor Garuda Wiko bersama rombongan melakukan audiensi dengan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto.

Dalam kesempatan itu, rektor menyampaikan beberapa informasi mulai dari penunjukan Untan Pontianak sebagai tuan rumah penyelenggara KKN Kebangsaan XI 2023 melalui sebuah seleksi nasional di antara berbagai universitas di Indonesia yang berkeinginan untuk menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Gebrasi Pontianak Buka Taman Baca Gratis, Upaya Tingkatkan Literasi Anak Muda

Seleksi dimenangkan Universitas Tanjungpura berdasarkan penetapan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi No. 8218/E2/DT.01.01/2022 tanggal 17 November 2022. Pelaksanaan KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 diperkirakan akan berlangsung pada Juli–Agustus 2023.

"KKN Kebangsaan 2023 akan dihadiri mahasiswa perwakilan universitas PTN dan PTS dari Sabang hingga Merauke sekitar 750 sampai dengan 1.000 orang mahasiswa, termasuk di antaranya mahasiswa universitas dari Malaysia sebanyak 15 orang," jelas dia.

Ia menjelaskan bahwa tempat pelaksanaan KKN Kebangsaan XI 2023 di kawasan perbatasan Kabupaten Sambas dan Bengkayang. Khusus peserta dari Malaysia yang akan hadir sebanyak 15 orang akan disebar di berbagai desa.

"Agar KKN Kebangsaan ini sukses, maka kami meminta dukungan, dorongan, dan masukan dari semua pihak, termasuk pangdam tentang kegiatan yang akan dilakukan. Bersyukur Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto sangat menyambut baik dan berkomitmen mendukung," ucap Rektor Untan, Profesor Garuda Wiko.***

Tags :

Leave a comment