Diduga Keracunan Makanan di Pesta Ulang Tahun, 28 Orang Dilarikan ke RSUD Agoesdjam Ketapang

15 November 2022 00:31 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Diduga keracunan makanan saat pesta ulang tahun, 28 orang terpaksa dilarikan ke RSUD Agoesdjam Ketapang pada Minggu (13/11/2022) kemarin.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Ketapang, Khairul saat dikonfirmasi mengatakan, berdasarkan hasil laporan pihaknya, terdapat 28 orang warga yang terdiri dari anak-anak hingga dewasa yang dirawat di RSUD Agoesdjam dengan keluhan yang sama yakni mual-mual hingga muntah.

Baca Juga: Ingin Tahu, Gimana Cara Atasi Jerawat dan Kulit Wajah Kusam?

Bahkan, diakui Khairul jumlah korban akan bertambah karena berdasarkan informasi yang ia dapat pasien dengan keluhan yang sama juga di rawat di rumah sakit lain.

"Tadi saya baru dapat laporan kalau di Agoesdjam itu ada 28 orang. Nah di rumah sakit Fatima informasinya juga ada, tapi saya belum menerima laporan ada berapa. Ya mereka semua dari acara ulang tahun di Kalinilam," ungkap Khairul, Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Tinggal 18 Tahun sebagai Tunawisma di Bandara, Pria Ini Inspirasi Film The Terminal

Khairul menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, ditemukan adanya intoksikasi makanan. Namun, untuk memastikan apakah keluhan seluruh pasien itu betul-betul akibat keracunan dari makanan ataupun minuman, pihaknya masih menunggu hasil sampel yang sudah dikirim ke BPOM dan Labkesda Provinsi.

"Sampel yang kita ambil itu Nasi, lauk pauk nya ada mie juga. Bahkan snack nya juga kita ambil sampelnya dan kita kirim. Lebih nya, kita lakukan pemeriksaan di Labkesda Kabupaten dan nanti kita compare," jelasnya.

Baca Juga: Rekomendasi Mendiang Prof Azyumardi Azra, Bagir Manan Luncurkan Buku Problematika Pers dan Kualitas Demokrasi

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Direktur RSUD Agoesdjam Ketapang dr. Feria Kowira menjelaskan, umumnya pasien yang terdiri dari anak-anak dan dewasa itu mengeluhkan mual-mual hingga muntah.

"Tadi malam sudah ada yang pulang. Berhubung beberapa ada yang muntah jadi perlu pemulihan cairan tubuh, jadi kita rawat inap tadi pagi sudah pulang. Beberapa yang dirawat inap sudah kita lakukan observasi dan kondisinya membaik," terang Feria.

Baca Juga: LINK NONTON dan DOWNLOAD Antares Season 2 Episode 1 2 3 4 5 6 7 8 9: Mau Nonton Lengkap? Cek Di Sini!

Feria menerangkan, awal mula puluhan pasien ini masuk ke IGD RSUD Agoesdjam pada Minggu 13 November 2022 sekitar pukul 21.00 Wib.Para pasien masuk secara bertahap dan mengeluhkan sakit yang sama.

"Awalnya satu persatu masuk ke IGD kita terus beruntun, terus jadi satu kelompok. Itu dengan kondisi mual ada yang muntah," jelasnya.

Feria menambahkan, untuk memastikan para pasien ini apakah keracunan atau bukan, itu masih perlu dilakukan uji sampel.***

Tags :

Leave a comment