Berikut 4 Tips ini Dapat Membuat Anak Suka Membaca Buku

4 November 2022 17:02 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Terdapat banyak cara untuk mengetahui sesuatu yang baru, salah satu yang paling mudah adalah dengan membaca buku. Apalagi untuk si buah hati. Bunda mau tips si anak mau membaca buku?

Mungkin bagi anak-anak membaca buku merupakan kegiatan yang membosankan, mereka malah suka mengetahui hal baru dengan bermain. Nah, bunda di rumah sepertinya butuh tips mengajarkan si kecil cinta untuk membaca.

Bukan berarti kita lalai membiarkan mereka membenci buku, mengajar anak agar suka membaca juga menjadi tantangan hebat bagi orang tua. Banyak sekali manfaat dari kegiatan ini. Bunda pun butuh tips untuk membiasakan si kecil menyukai buku.

Baca Juga: Ini Jenis Gerhana Bulan yang Akan Terjadi Di Indonesia, Catat Jumlahnya Berapa Di Sini

Dilansir dari laman UNICEF, mengajarkan membaca buku bagi seorang anak dapat meningkatkan daya ingat otak. Pastinya orang tua harus tahu tentang cara agar buah hati mereka menyukai pengetahuan.

Selain itu, kemajuan sebuah negara juga bisa dilihat dari jumlah rata-rata penduduknya yang gemar membaca dan tidaknya. Hal ini menjadi sebuah garansi untuk mencerdaskan anak bangsa.

Lantas bagaimanakh cara mengajari anak kita suka membaca buku?

Bacakan cerita semenjak dia kecil.

Hal ini sangat membantu anak dikemudian hari untuk mencintai kegiatan membaca. Bila orang tua suka membacakan cerita atau dongeng kepada anaknya, dia akan mempelajari variasi kata dan logat bahasa ibunya.

Tidak hanya itu saja, dari banyaknya cerita yang dibacakan maka seorang anak akan haus pengetahuan sehingga meminta diceritakan yang lain.

Sering membaca di dekat anak.

Orang tua juga harus menampakkan kepada anaknya bahwa dia sangat suka membaca. Ketika buah hati melihat orang dewasa yang sering membaca buku di dekatnya, secara otomoatis dia akan meniru perilaku orang tuanya.

Kebiasaan meniru ini bisa mengantarkan anak-anak kita menyukai buku, mereka akan berusaha mengikuti jejak orang tuanya yang menjadi patokannya.

Sering ajak ke toko buku.

Mengajak anak ke toko buku juga menjadi pengantar toddler mencintai kegiatan baca. Di toko buku anak-anak akan sangat suka memilih buku yang menurutnya menarik.

Tak usah khawatir seandainya dia ingin membeli buku gede yang mengandung pemikiran berat, karena dia hanya menyukai covernya saja. Yang penting memperkenalkan buah hati ke macam-macam buku sudah menjadi jalan pintas mengantarkan kesukaannya terhadap pengetahuan.

Dengarkan tema favorit anak.

Orang tua tidak boleh egois menentukan tema apa yang harus dibaca oleh seorang anak. Biarkan buah hati kita yang memilihnya, toh walaupun dia suka membaca komik atau novel nanti akan paham sendiri bahwa dia harus berkembang.

Baca Juga: Kelompok Gangster Nyerang Warga Galur Tanah Tinggi, Ari Susanto: Warga Tidak Terpancing

Lagi pula komik atau novel juga mengandung pelajaran yang berbeda dari buku-buku lain, dengan kata lain punya nilai plus tersendiri.

Nah, itulah tips agar anak suka membaca, yang perlu diingat adalah jangan suka memaksa anak menyukai jenis buku tertentu.

Biarkan mereka berpetualang dengan kesukaan temanya sendiri. ***

Tags :

Leave a comment