Penahbisan Uskup Keuskupan Sanggau, Yohanes Ontot: Persiapan Panitia Capai 85

2 November 2022 12:43 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Keuskupan Sanggau akan menggelar kegiatan Penahbisan Ketua Uskup terpilih, Mgr Valentinus Saeng CP.

Ketua Panitia Penahbisan, Yohanes Ontot yang juga Wakil Bupati Sanggau, menyampaikan bahwa hingga saat ini persiapan penahbisan sudah mencapai 85 persen.

Penahbisan adalah rangkaian upacara dalam suatu masyarakat atau komunitas, untuk meresmikan pengutusan bagi seseorang atau beberapa orang untuk menjalankan suatu tugas, dilansir dari Wikipedia.

Baca Juga: Kebakaran Lahap Dua Rumah Warga di Swignyo Pontianak, Satu Unit Ludes

Uskup Keuskupan Sanggau terpilih yang akan ditahbiskan adalah, Mgr Valentinus Saeng CP. Penahbisan akan dilakukan langsung oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo.

"Sampai hari ini persiapan panitia pada titik 85 persen, waktu yang tersedia lebih kurang 9 hari lagi," kata Wabup Ontot.

Menurutnya, kegiatan penahbisan uskup keuskupan Sanggau dilakukan dengan penuh meriah dan hikmat.

Baca Juga: LINK PENDAFTARAN PPPK Guru 2022 Sudah Bisa di Akses! Intip Formasi yang Terbuka Di Sini

Panitia sudah melakukan persiapan-persiapan dari berbagai koordinator atau seksi, yang nanti akan mendukung seluruh rangkaian pentahbisan Uskup Mgr Valentinus Saeng.

Wabup Ontot berharap H-5 nanti semua persiapan sudah siap. Artinya semua kegiatan yang berkaitan dengan pentahbisan sudah harus selesai semua.

"Malam besok kami panitia akan audiensi dengan Bupati Sanggau yang juga sebagai pembina di dalam kepanitiaan, mungkin ada saran dari beliau, kita sesuaikan dengan waktu yang kurang lebih 9 hari lagi," terang Wabup Ontot.

Baca Juga: Denise Chariesta Ngaku Diboikot! Beri Pesan Menohok ke Mba Bulan, Netizen: Gile, Artis Papan Atas Turun Gunung

Dia juga menjelaskan beberapa rangkaian kegiatan pada pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau terpilih.

Kegiatan dimulai pada tanggal 10 November 2022. Dibuka dengan makan malam bersama para Uskup yang hadir.

Kemudian keesokan harinya, setelah pentahbisan dilanjutkan dengan ramah tamah di Mega Tenda di Kompleks Keuskupan Sanggau.

Ontot juga meminta dukungan dari semua pihak terutama umat katolik di Kabupaten Sanggau dan Sekadau, dan juga umat katolik yang datang dari luar daerah.

Baca Juga: LINK NONTON The Fabulous Episode 1 Tayang Jumat Depan: Kisah Empat Sahabat dengan Berbagai Impian

"Dukungan pihak lain diluar umat katolik, sangat dibutuhkan," ucapnya.

Wabup Ontot menambahkan, kegiatan pentahbisan ini juga dihadiri tamu dari luar daerah. Maka, segala persiapan dilakukan dengan matang.

"Terutama yang berjualan kuliner atau di pasar, tentu harus tampil baik dan bersih, sehingga kesan para tamu setelah pulang dari Sanggau ini positif," ucap Wabub Ontot.***

Tags :

Leave a comment