Kamu Rentan Sakit Perut? Yuk Kenali Penyebab dan Gejala Di Sini!

26 Oktober 2022 15:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK - Semua manusia pasti pernah merasakan penyakit yang satu ini yakni sakit perut yang membuat aktivitas keseharian kamu terhalang.

Ayo kenali penyebab dan gejala sakit perut yang kerap mengganggu aktivitas.

Seperti yang kita ketahui bahwa sakit perut adalah rasa nyeri yang mendadak muncul di area sekitar perut, Sehingga Kamu perlu kenali penyebab dan gejala.

Dari berbagai Penyebab dan gejala-gejala yang ada, tak hanya nyeri, sakit perut juga biasanya diiringi dengan rasa kram, mulas seperti tertusuk di ulu hati.

Baca Juga: Ini 5 Film Indonesia yang Tayang November 2022, Sri Asih Paling Ditunggu!.

Penyebab dan gejala sakit perut bisa bermacam-macam, mulai dari gangguan pencernaan, diare, gas berlebihan di perut, otot tertarik, kram menstruasi, keracunan makanan hingga sakit perut sebagai gejala adanya penyakit di bagian organ dalam tubuh lainnya.

Rasa nyeri itu bisa terasa pada seluruh area perut atau hanya bagian perut tertentu. Ini semua tergantung penyebabnya. Misalnya, sakit perut bagian tengah karena keracunan makanan atau sakit perut sebelah kiri karena masalah lambung.

Penyebab dan gejala sakit perut bisa diketahui dari lokasi munculnya rasa nyeri, pola rasa nyerinya hingga durasi sakit perut.

Dilansir dari Eka Hospital.com Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab sakit perut:

1. Sakit perut sebelah kanan : Apendisitis akut, kolik bilier dan sembelit.

2. Sakit perut sebelah kiri : Gastritis, pankreatitis, kolitis ulseratif, irritable bowel syndrome (IBS) dan divertikulitis.

3. Sakit perut sebelah atas tengah dan keseluruhan bagian : gastroenteritis, intoleransi makanan, tukak lambung, gastroesophageal reflux disease (GERD), penyakit celiac dan penyakit Crohn.

Adapun gejala sakit perut secara umum menunjukkan tanda-tanda yang bisa kamu alami yaitu Perut sakit ketika disentuh, Perut kembung dan terasa kencang.

Selain itu Demam atau menggigil, Muntah atau mual,
Nyeri berlangsung lebih lama, Dehidrasi, dan Susah buang air besar atau diare menjadi gejala Sakit perut.

Itulah beberapa penyebab dan gejala saat kamu mengalami sakit perut.

Semoga bermanfaat.***

Leave a comment