Nasi Kentut, Menu Berkhasiat dari Medan: Jangan Bayangkan Namanya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Bukan maksud untuk nyeleneh, tapi menu khas dari Medan ini memang begitu sebutannya. Ya, nasi kentut yang berkhasiat.

Disebut berkhasiat karena sejatinya nasi kentut dipercayai bisa menyembuhkan penyakit. Nyatanya, meski bernama aneh, menu ini malah dicari orang.

Penggunaan kata kentut untuk menu ini berasal dari jenis daun yang digunakan sebagai campuran nasi. Orang luar Medan menyebut daun berkhasiat itu dengan nama daun sembukan.

Nah, dengan mengonsumsi nasi kentut ini dipercayai dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, tanaman merambat ini juga bisa mengobati sariawan, penyakit maag, hingga mengatasi perut kembung.

Mengutip phinemo.com, Minggu (28/5/2023), nasi Kentut disajikan dengan berbagai macam lauk pauk dilengkapi sambal. Jadi, persis dengan nasi rames atau nasi campur secara umum.

Namun, menu ini dikatakan beda karena nasinya. Keunikan rasa diperoleh dari proses pembuatannya yang dimasak dengan daun kentut, ditambah bumbu rempah-rempah dan dibungkus dengan balutan daun pisang.

Balutan daun pisang itu bisa dikukus atau panggang sampai matang. Hasilnya, berbeda dengan namanya, nasi ini memiliki aroma wangi dan bertekstur lembut.

Saat disajikan, nasi nampak hijau dan menggiurkan. Nasi kentut ini disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, mi goreng, dan ayam goreng. Lebih mantap lagi jika ditambahkan dengan sambal terasi atau sambel ijo.

Menemukan kuliner ini pun tak begitu sulit. Banyak warung yang menjajakan nasi kentut di Medan. Salah satu yang populer berada di Jalan Wahidin, Kecamatan Medan Kota.

Jam bukanya mulai dari pukul 12.00 hingga menjelang petang yakni sekitar jam 18.00 WIB. Dan, harganya dimulai dari Rp10 ribu.

Selain itu, seperti disiarkan gotravelly.com, dikutip Minggu (28/5/2023), ada beberapa rumah makan lain yang menjadikan nasi kentut sebagai andalannya. Rumah makan yang dimaksud di antaranya adalah:

1. Restoran Nelayan

Restoran Nelayan sebenarnya memiliki konsep makan ala Chinese Food. Meski begitu, restoran ini juga menyediakan nasi kentut khas Medan yang tidak kalah enaknya.

Bahkan banyak orang yang datang ke Restoran Nelayan untuk mencicipi nasi daun kentut dengan didampingi menu lainnya seperti bebek peking atau dimsum.

2. Rumah Makan Pohon Pisang

Banyak yang memilih rumah makan ini karena karena ukurannya yang luas sehingga dapat membuat para pembelinya merasa nyaman. Nah, sebagai restoran khas Indonesia, tentu saja nasi kentut dipastikan ada di dalam menu.

Di rumah makan ini nasi kentut bisa ditemani dengan menu gurami spesial yang dilumuri saus dengan tambahan bawang putih dan bawang merah sebagai appetizing.

3. Pondok Lesehan Keluarga Sedap Mantap

Nasi daun kentut di Pondok Lesehan Keluarga Sedap Mantap ini menjadi sajian andalan yang banyak dipesan oleh orang-orang. Nasinya pulen, gurih dan juga memiliki rasa yang sangat menggoyang lidah.

Menariknya rumah makan ini menyediakan arena bermain. Jadi, bagi para keluarga yang datang dan membawa anak–anak bisa kulineran dengan tenang sambal menyaksikan anak bermain.

Demikianlah informasi tentang menu khas Medan, nasi kentut, yang tidak sebau namanya. Menu yang sejatinya berkhasiat bagi kesehatan dan nikmat. Semoga bermanfaat. (Adelina)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar