Tujuh Bahaya Tidur di Dekat Handphone, Salah Satunya Bisa Merusak Sel Otak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Handphone atau telepon genggam atau gawai bukan lagi benda yang asing. Saking biasanya, benda itu pun sering dibawa tidur, padahal itu bahaya.

Ya bahaya, pasalnya handphone bisa memancarkan radiasi yang tentunya tidak baik bagi kehidupan. Itulah sebab, jauhkan alat itu ketika Anda tidur.

Yang jelas, menggunakan handphone secara berlebihan saja mengandung bahaya, apalagi jika sampai dibawa tidur. Makanya, lebih baik mencegah sesuatu yang tidak diinginkan bukan?

Mengutip yankes.kemkes.go.id, Minggu (2/7/2023), handphone memang sudah menjadi adiksi (ketergantungan) bagi setiap orang. Terlebih banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari dapat diakses dan diselesaikan melalui layar handphone.

Tidak jarang orang terus terusan menggunakan alat komunikasi yang canggih tersebut dari bangun hingga menjelang tidur. Pun, banyak orang yang meletakkan benda itu di bawah bantal saat tidur atau setidaknya tidur berdampingan.

Nyatanya, tidur di dekat handphone memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Perlu disadari bahwa teknologi bukan hanya memberikan impact yang positif tetapi banyak juga impact negatif yang terjadi.

Dengan kata lain, radiasi yang dipancarkan oleh handphone dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, meskipun efek tersebut tidak dirasakan seketika itu. Namun jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus selama bertahun-tahun dampak buruknya pun akan muncul.

Nah, berikut efek bahaya karena tidur di dekat handphone:

1. Gangguan Insomnia

Cahaya biru yang ditimbulkan dari handphone dapat menghambat produksi hormon melatonin, hormon ini berfungsi mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh).

2. Merusak Konsentrasi

Radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh handphone bikin aliran darah tidak maksimal, akibatnya menjadi gagal fokus dan kurang konsentrasi.

3. Menurunkan Kualitas Tidur

Menggunakan handphone sebelum tidur dapat merangsang fisiologi dan psikologi yang dapat mempengaruhi tidur.

4. Meningkatkan Risiko Kanker

Pancaran radiasi tinggi yang tak kasat mata, bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor.

5. Menyebabkan Sakit Kepala

Radiasi handphone bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah.

6. Terbakar dan Meledak

Meletakan handphone di dekat bantal terlebih sambil mengisi baterai sangat tidak disarankan, karena handphone akan cepat panas dan bila sampai terjadi korsleting dapat membuatnya meledak hingga terbakar.

7. Merusak Sel-sel Otak

Paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak karena gelombang elektromagnetik mudah menembus ke otak, dengan rusaknya sel-sel otak akan dapat meningkatkan risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit seperti tumor otak, alzheimer, autism, dan masalah pada perilaku.

Demikian dampak bahaya tidur dekat handphone, alangkah baiknya mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat. (Adelina)***

Leave a comment