LPM Melawi-PLN Latih Perempuan Keterampilan Usaha

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

NANGA PINOH, insidepontianak.com - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten Melawi, melalui Program TJSL 'PLN Peduli' gelar pelatihan keterampilan usaha di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, pada Selasa (13/6/2023).

Puluhan ibu-ibu rumah tangga yang terdiri dari berbagai latar belakang usaha di Kecamatan Nanga Pinoh, antusias mengikuti kegiatan pengolahan makanan berbahan dasar ikan dan keterampilan menjahit.

Menurut Ketua LPM Melawi, Nurbaety Astrid Panji, pelarian ini mensasar ibu-ibu rumah tangga kreatif yang selama ini melakukan berbagai kegiatan usaha, untuk membantu ekonomi keluarga dan masyarakat sekitarnya.

"Program TJSL PLN Peduli selama ini telah banyak mendukung kegiatan LPM Kabupaten Melawi khususnya dalam meningkatkan peran serta kaum perempuan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," ungkap Astrid.

Diakuinya, LPM Kabupaten Melawi telah menjalin kerja sama dengan PLN UID Kalimantan Barat, untuk melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan dan pemberian bantuan peralatan usaha kepada pelaku UMKM perempuan di Kabupaten Melawi.

"Kegiatan pelatihan keterampilan dan pemberian bantuan peralatan usaha ini akan kami lakukan sepanjang tahun 2023 dilokasi yang berbeda-beda," ujar Astrid.

Ia berharap, kerja sama ini dapat terus berlanjut hingga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Melawi, khususnya kaum perempuan tangguh yang berperan aktif membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

"Dengan bekal keterampilan dan bantuan peralatan usaha yang kami berikan diharapkan mereka dapat lebih mampu untuk terus meningkatkan kualitas usahanya," tutur Astrid.

Yanti (46), Pengelola RBM Kota Juang, tempat rehabilitasi pecandu narkoba di Kecamatan Nanga Pinoh, mengatakan kegiatan pelatihan keterampilan usaha ini sangat bermanfaat.

Apalagi, pelatihan ini juga disertai dengan pemberian bantuan peralatan usaha. Sehingga, pengetahuan yang didapat bisa langsung dipraktikan.

"Ini luar biasa sekali. Baru kali ini saya ikut pelatihan yang juga dilengkapi dengan bantuan peralatan usaha, jadi saya bisa langsung berjualan. Terima kasih LPM, terima kasih PLN," ujar Yanti bersemangat.

Hal senada juga diungkap Normi (42), ketua perkumpulan 30 pengerajin Kayu Kapuak di Kabupaten Melawi. Ia merasa bersyukur atas bantuan peralatan mesin jahit yang diberikan oleh LPM dan PLN.

"Bantuan mesin jahit ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman pengerajin Kayu Kapuak lainnya. Semoga usaha yang kami jalankan semakin berkembang. Terima kasih LPM dan PLN," kata Normi penuh haru.

Sementara itu, General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko, mengatakan bahwa program TJSL 'PLN Peduli' merupakan wujud kepedulian PLN dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui berbagai kegiatan pelatihan dan bantuan usaha.

Dikatakannya, pada tahun 2023 ini program TJSL 'PLN Peduli' di Kalbar fokus pada upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya para pelaku UMKM yang ada di Kalbar.

"Kami berharap, bantuan yang kami berikan lewat program TJSL PLN Peduli dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi keluarga serta mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kalimantan Barat," pungkas Jatmiko.***

Leave a comment