Terganggu Akibat Pop Up Notifikasi WA? Berikut Cara Mematikan Notifikasi Tanpa Putus Jaringan Internet!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Lantaran banyak muncul pop up notifikasi dari WhatsApp, pengguna kerap merasa kesal. Namun, bila ingin mematikannya mereka harus memutus jaringan internet secara total.

Sayangnya, bila semua jaringan Internet terputus pengguna tidak dapat mengakses medsos lain. Untuk itu, terdapat cara mematikan pop up notifikasi WhatsApp tanpa mematikan paket data.

Dengan mengikuti cara mematikan pop up notifikasi WhatsApp tanpa memutus jaringan internet, pengguna diharapkan akan merasa nyaman saat melakukan aktivitas lain di ponsel.

Pengguna ponsel pasti pernah merasa kesal dengan kemunculan notifikasi WA terus menerus. Terlebih lagi saat kegiatan penting sedang berlangsung, misal tatkala berada di dalam rapat online.

Tak habis pikir, mereka yang merasa terganggu dengan kemunculan pemberitahuan pesan WA akan merasa emosi dalam waktu tertentu.

Bahkan, sebagian dari mereka tanpa pikir panjang ada yang mencoba untuk meng-uninstall WA. Harapannya tidak lain, agar tidak mendapat pemberitahuan pesan secara berkala.

Bila pesan tersebut datang dari grup obrolan WA, caranya cukup mudah. Pengguna Android hanya tinggal mute grup tersebut.

Secara otomatis, grup yang dimute tidak akan memunculkan pop up notifikasi pesan di layar ponsel. Namun, bila chat yang kerap diterima dari perorangan cara tersebut kurang manjur untuk dilakukan.

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, tim Insidepontianak akan memberikan solusi mematikan pop up notifikasi WhatsApp tanpa memutus jaringan internet.

Matikan Notifikasi Melalui Pengaturan

Jalan alternatif pertama yang bisa dilakukan ialah dengan mematikan notif pesan WA melalui menu pengaturan. Tips ini tergolong ampuh bagi pengguna yang merasa resah dengan kemunculan pemberitahuan.

Bagi smartphone kekinian, banyak sekali dari mereka yang menyajikan layanan tersebut. Caranya juga tidak sama antara merek ponsel yang digunakan.

Secara umum, cobalah menuju ke pengaturan ponsel. Selanjutnya pilih notifikasi, bila tidak muncul di tampilan luar cobalah untuk menguliknya di menu Suara.

Bila menu notifikasi berada di halaman utama pengaturan, selanjutnya pengguna gulir ke bawah hingga ketemu WhatsApp.

Lantas, pilih opsi matikan data seluler pada WhatsApp atau hanya ingin menyembunyikan pemberitahuan chat saja.

Ponsel Iphone

Cara kedua hanya diperuntukkan pada para pengguna perangkat iOS. Untuk Iphone, langkah-langkahnya cukup mudah dilakukan.

  1. Pilih 'Pengaturan' ponsel.
  2. Cari menu seluler pada tampilan utama.
  3. Selanjutnya, pengguna Iphone akan diarahkan ke daftar aplikasi yang terhubung dengan koneksi internet.
  4. Gulir ke bawah, hingga aplikasi WhatsApp dapat ditemukan.
  5. Geser toggle untuk mematikan koneksi internet WhatsApp.

Perlu diketahui dengan seksama, opsi mematikan koneksi internet pada Iphone hanya berlaku pada jaringan yang memakai pakai paket data saja.

Dengan demikian, bila ponsel terhubung dengan sinyal WiFi pop up notifikasi tetap akan bermunculan.

Android

Berbeda dengan cara yang dimiliki Iphone. Mematikan pop up notifikasi WhatsApp pada pengguna Android bisa dilakukan pada dua jaringan, yakni data seluler dan koneksi WiFi.

Meski demikian, setiap jenis ponsel Android memiliki langkahnya tersendiri. Bila Anda pengguna Xiaomi, berikut caranya:

  1. Gunakan aplikasi Keamanan bawaan ponsel.
  2. Buka aplikasi Keamanan.
  3. Pilih opsi yang bertuliskan 'Penggunaan data'.
  4. Klik lagi tulisan yang bernada sama, yakni 'Penggunaan data'.
  5. Pilih opsi 'Batasi penggunaan data'.
  6. Pengguna lantas bisa memilih antara memutus jaringan data seluler atau WiFi.
  7. Cari aplikasi WhatsApp.

Sebenarnya, terdapat cara lain yang hampir sama dengan uninstall. Tips ini bisa dilakukan dengan cara menghapus seluruh data WA.

Namun, cara tersebut dapat menghilangkan pesan yang telah lalu. Pastikan Anda mencadangkannya terlebih dahulu, sebelum menghapus data WhatsApp secara keseluruhan.

Itulah cara mematikan pop up notifikasi WhatsApp tanpa memutus jaringan internet. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment