Ragam Fitur Baru WhatsApp yang Kamu Harus Tahu, Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sebagai media sosial yang digemari pengguna, ragam fitur baru WhatsApp dapat memberikan pengalaman terbaru untuk digunakan.

Dalam kurun waktu tahun 2023 ini, kurang lebih terdapat 5 ragam fitur baru WhatsApp yang bisa dijajal pengguna. Fitur-fitur ini diyakini akan memudahkan dalam pengoperasian aplikasi.

Selain merangkum ragam fitur baru WhatsApp, tim Insidepontianak juga tidak lupa untuk membagikan tips khusus untuk penggunanya. Harapannya tidak lain, Anda dapat mencobanya sendiri saat sedang bertukar pesan.

Salah satu contoh yang sudah masyhur di dunia teknologi. Pada pertengahan bulan Mei lalu, WhatsApp meluncurkan fitur Locked Chat.

Fitur baru tersebut berguna untuk mengamankan ruang privasi pengguna. Dengannya, pihak ketiga tidak dapat mengintip isi pesan antar kedua orang yang sedang chattingan.

Locked Chat dapat digunakan pada ikon kunci di sisi atas pojok kanan obrolan. Caranya cukup menekan obrolan yang hendak diamankan beberapa detik.

Setelah itu, barulah klik ikon kunci untuk memasukkan kode PIN atau sandi berupa fingerprint. Secara otomatis, chat yang diamankan tidak bisa diakses oleh orang lain bila tidak mengetahui kodenya.

Artinya, sistem keamanan WhatsApp tidak hanya dilapisi dari luar saja. Melainkan, perusahaan medsos tersebut juga memberikan kesempatan ruang yang bersifat lebih privasi.

Selain contoh di atas, masih terdapat 4 ragam fitur WhatsApp baru yang bisa Anda coba. Berikut penjelasan lengkapnya:

Edit Teks.

Seperti pada fitur Locked Chat, Edit pesan teks telah resmi diluncurkan pada akhir Mei 2023. Fitur tersebut diumumkan langsung oleh CEO induk perusahaan WhatsApp dan bisa digunakan secara global.

Fungsinya cukup membantu pengguna. Pesan yang telah dikirim bisa disunting kembali. Sehingga, typo dan salah ketik bisa diedit meski telah centang dua.

Meski demikian, terdapat batas waktu yang harus diketahui. Fitur Edit Teks tersebut hanya bisa bekerja pada sebuah pesan chat yang telah dikirim tidak lebih dari 15 menit saja.

Jadi, bila sudah melebihi batas yang ditentukan. Pesan yang sudah terlanjur dikirim tidak bisa disunting kembali. Pengguna hanya bisa menghapusnya secara permanen.

Caranya tergolong mudah, tekan pesan yang hendak disunting beberapa detik. Kemudian klik ikon garis tiga di pojok kanan atas.

Bila muncul ragam pilihan, klik opsi 'Edit'. Barulah pengguna cari isi pesan yang hendak disunting sebelum dikirim ulang.

Keep in Chat.

Fitur lain yang unik bernama Keep in Chat. Karakter khusus ini dapat menyimpan pesan bila dikirim dalam bentuk temporal, alias Disappearing Message (teks sementara).

Dengan mengaktifkan Keep in Chat, pesan yang telah disetting sementara tidak akan hilang secara otomatis. Melainkan, akan tersimpan dalam bookmark.

Agar dapat menggunakannya, klik salah satu pesan Disappearing Message dan tekan. Setelah itu, klik ikon bintang di bar atas yang berdampingan dengan fitur 'Reply'.

Namun, ketika Anda hendak menyimpan pesan temporal tersebut, pengirim akan diberi notifikasi persetujuan. Bila memberikan izin, teks pun akan tersimpan di bookmark.

Kualitas Gambar HD.

Sebelumnya, pengiriman gambar via WhatsApp akan mengalami penurunan kualitas gambar. Hal itu disebabkan, WA secara otomatis mengkompres foto.

Dengan kehadiran fitur HD, pengguna tidak perlu ragu lagi mengirim gambar dan mendapatkan hasil buruk. Foto dapat diterima dengan visual jernih seakan asli baru dipotret.

Untuk melakukan hal itu, sebelum mengirim gambar klik tulisan HD pada bar atas.

Screen Share.

Screen Share atau Sharing Screen pada WhatsApp memiliki teknis yang mirip dengan aplikasi Zoom. Pengguna dapat membagikan layar tanpa perlu menginstall kembali aplikasi lain.

Pengguna hanya perlu menuju ke obrolan yang hendak melangsungkan rapat dengan WhatsApp. Kontak yang bisa dihubungi bisa per individu atau grup.

Setelah itu, klik ikon panggilan video call yang berada di atas. Tatkala saling terhubung, pilih ikon tanda panah ke kanan di bawah bar untuk melangsungkan Screen Share.

Fitur ini sangat penting bagi pekerja perusahaan, atau dosen dan mahasiswa. Dengan Sharing Screen, pengguna bisa menampilkan file berupa PPT, dokumen penting lain, bahkan halaman internet yang bisa dilihat langsung oleh lawan bicara.

Demikianlah ragam fitur baru WhatsApp yang diluncurkan sampai pertengahan Agustus 2023. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment