Melihat Pulau Simping Singkawang: Pulau Terkecil Ketiga di Dunia

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Kalimantan Barat bisa dikatakan unik. Pasalnya, di provinsi ini ada pulau terkecil di dunia. Namanya Pulau Simping dan berada di Singkawang.

Luas Pulau Simping Singkawang ini hanya sekira setengah hektare. Pulau tak berpenghuni ini menjadi pulau terkecil di dunia dan sudah diakui PBB.

Menariknya, jika Pulau Simping Singkawang menjadi pulau terkecil di dunia nomor tiga, Pulau Kalimantan malah menjadi pulau terbesar ketiga.

Ya melansir gramedia.com, Sabtu (26/8/2023), yang mengutip AZ Animals, Pulau Kalimantan memiliki total luas wilayah sebesar 743.330 km persegi. Pulau ini hanya kalah dari Greenland dan Papua.

Sementara Pulau Simping memiliki luas sekitar 2.023 meter persegi atau 0,5 hektare saja. Kalah dari Pulau Just Enough Room di Amerika Serikat yang berukuran 365,5 meter persegi.

Namun, yang dinobatkan Guinness World Records sebagai pulau terkecil adalah Pulau Bishop Rock di Inggris. Luas pulau yang ada mercusuarnya ini adalah 46x16 meter atau sekitar 736 meter persegi.

Terlepas dari itu, yang jelas, Pulau Simping di Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Pulau ini masuk dalam kawasan wisata Pantai Sinka Park Island.

Melansir travelingyuk.com, Sabtu (26/8/2023), pulau ini diakui oleh PBB sebagai pulau terkecil di dunia. Pulau Simping hanya berjarak 100 meter dari bibir pantai, berada di kawasan Pantai Teluk Mak Jantuk.

Dulunya, Pulau Simpung dihuni oleh beberapa orang sebelum akhirnya ditinggalkan karena mengalami abrasi. Walaupun begitu, masih ada beberapa orang yang mengunjungi untuk berdoa. Pasalnya, masih ada klenteng tua di sana.

Pulau Simping dulunya bernama Pulau Kelapa Dua dikarenakan tumbuh dua buah pohon kelapa di bagian tengah pulau. Namun saat ini, sudah banyak pohon lain yang tumbuh di daerah itu seperti pohon perdu dan lainnya.

Saat berkunjung ke Pulau Simping, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan pegunungan yang terlihat dari kejauhan. Waktu terbaik mengunjungi pulau ini adalah pagi atau sore hari untuk melihat momen sunrise dan sunset.

Tak hanya pemandangannya saja yang indah, pantai di sekitaran Pulau Simping juga jernih dan dapat digunakan untuk berenang. Hamparan pantai yang luas dan juga keindahan sekelilingnya selalu menghipnotis semua orang yang datang.

Dan yang menariknya lagi, laut di sekitar daratan ini tidak begitu dalam, tak heran banyak wisatawan yang datang ke sana memilih untuk berenang dan bermain air.

Pulau Simping termasuk dalam kawasan wisata Pantai Sinka Island Park, di mana di kawasan wisata ini juga terdapat Sinka Zoo, kebun binatang yang konsepnya seperti Taman Safari.

Belakangan, Sinka Zoo sebagai lembaga konservasi, banyak mendapat titipan satwa yang dilindungi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat, sebelum satwa itu dilepasliarkan.

Demikian soal Pulau Simping, destinasi wisata berupa pulau terkecil di dunia yang ada di Singkawang. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment