Cara Menonaktifkan Data WhatsApp di Android dan Iphone, Mudah Tak Perlu Hapus Aplikasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Mau tahu trik dan cara menonaktifkan data WhatsApp pada ponsel Android dan Iphone kamu?. Panduan ini ternyata cukup mudah dilakukan bagi pengguna.

Terkait cara menonaktifkan data WhatsApp ini juga tidak mengharuskan pengguna menghapus aplikasi WA. Sehingga, data yang ada didalamnya tidak akan terhapus dan tetap aman tersimpan rapi.

Meski demikian, cara menonaktifkan data WhatsApp tanpa menghapus aplikasi berbeda pada perangkat yang digunakan. Oleh karenanya, ponsel Android dan Iphone memiliki panduannya tersendiri.

Lumrahnya, penonaktifan jaringan WhatsApp juga berpengaruh paket data yang digunakan. Sehingga, pengguna tidak bisa mengakses internet secara keseluruhan.

Namun, terdapat trik sendiri bila target jaringan WhatsApp saja yang hendak dimatikan. Bila demikian, pemilik ponsel tetap bisa mengakses media sosial lain tanpa perlu khawatir diganggu notifikasi WA.

Pada kesempatan lain, pemberitahuan notifikasi bukan lagi menjadi kabar baik yang selalu ditunggu. Hal itu terjadi, tatkala pengguna menerima rentetan pesan spam secara terus menerus.

Terlebih lagi bila pengguna sedang menikmati liburan. Pemberitahuan pesan WhatsApp bakalan mengganggu waktu santai Anda.

Banyak juga dari kalangan pengguna yang merasa terusik dari notifikasi tersebut, lantas lakukan uninstall WhatsApp. Sayangnya, cara ini juga dapat menghapus isi chat pada aplikasi.

Untuk mengakali hal itu, berikut trik dan cara menonaktifkan data WhatsApp tanpa perlu menghapus aplikasi pada ponsel.

Cara Menonaktifkan Data WhatsApp di Android.

Sempat disinggung pada bagian atas, cara mematikan internet WhatsApp berbeda dan tergantung jenis ponsel yang dipakai.

Pada smartphone kekinian, fitur mematikan data pada aplikasi tertentu bisa dilakukan dengan mudah. Umumnya menggunakan menu Setting atau Keamanan.

Bila ponsel anda berbasis sistem Android, ikuti langkahnya di bawah ini. Perlu diketahui, ponsel yang digunakan oleh salah satu tim Insidepontianak ini bermerek Xiaomi.

  1. Senyatanya seluruh prosesnya sama pada semua jenis ponsel Android. Namun, perangkat yang digunakan kali ini adalah Xiaomi. Carilah aplikasi 'Keamanan' bawaan yang terdapat pada ponsel.
  2. Buka aplikasi 'Keamanan' bawaan.
  3. Pilih menu 'Penggunaan Data'.
  4. Klik opsi 'Batasi Penggunaan Data'.
  5. Pengguna lantas diberikan pilihan. Bila hanya ingin mematikan internet kartu, pilih 'Jaringan Seluler'. Sedangkan untuk mematikan koneksi WiFi pilihlah opsi 'WiFi'.
  6. Gulir ke bawah sampai aplikasi WhatsApp ditemukan.
    7.. Matikanlah data agar jaringan WhatsApp berubah menjadi nonaktif.

Cara Menonaktifkan Data WhatsApp di Iphone.

Berbeda dengan cara di atas, sistem perangkat ponsel iOS memiliki cara tersendiri untuk mematikan data WhatsApp.

Selain itu, data yang bisa dimatikan pada perangkat iOS ini hanya pada penggunaan kartu seluler saja.

Maksudnya, meski cara ini dilakukan tapi masih terhubung dengan WiFi. Pesan tetap akan diterima pada ponsel Iphone. Sebab, iOS tidak menyediakan cara yang sama dengan Android.

Untuk keterangan lebih lengkapnya, perhatikan rentetan langkahnya pada pembahasan di bawah ini:

  1. Buka menu pengaturan/setting pada perangkat.
  2. Pilih menu 'Seluler' pada ragam opsi 'Pengaturan'.
  3. Pengguna akan ditampilkan berbagai macam aplikasi yang menggunakan sambungan internet.
  4. Gulir ke bawah, hingga aplikasi WhatsApp ditemukan.
  5. Geser toggle pada sisi samping aplikasi.

Dengan begitu, WhatsApp pun tidak bisa menerima pesan lagi. Bila ingin mengaktifkannya kembali, ulangi cara di atas.

Demikianlah cara menonaktifkan data WhatsApp tanpa menghapus aplikasi di Android dan Iphone. Semoga berhasil! (Dzikrullah) ***

Leave a comment