Kue Kantong Semar, Kuliner Unik Kalbar yang Dicetak dengan Tumbuhan Pemakan Serangga: Ini Resepnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Kue kantong semar dari Kalimantan Barat (Kalbar) menambah ragam kuliner unik di Indonesia. Bagaimana tidak, kue ini dicetak menggunakan tumbuhan pemakan serangga.

Ya, kantong semar adalah tumbuhan pemakan serangga, keberadaannya banyak di Kalbar. Tapi, kue khas ini tidak masuk ke kuliner ekstrem hingga Anda takut memakannya.

Artinya bukan soal serangga yang jadi utama, tapi kantong semar yang dijadikan cetakan untuk kue ini. Yang jelas, itulah poin unik dari kuliner Kalbar ini.

Sebagai informasi, tumbuhan kantong semar atau nama ilmiahnya Nepenthes memiliki banyak jenis. Tanaman karnivora ini tersebar di Pulau Kalimantan, Jawa, Sumatra, Sulawesi, Papua, dan Maluku.

Kantong semar berbentuk corong yang digunakan untuk menangkap serangga dan mengolahnya sebagai sumber nutrisi bagi tumbuhan tersebut.

Melansir budaya-indonesia.org dan daerahkita.com, Rabu (30/8/2023), dalam pembuatan kue kantong semar, digunakan tumbuhan kantong semar yang ukurannya agak besar dan kecokelatan.

Yang jelas kue ini menjadi makanan wajib saat ada perayaan tertentu seperti pernikahan, acara adat, imlek, cap go meh, Idul Fitri, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Begini, kantong semar dicuci bersih kemudian bagian pinggir "mulut" kantong semar digunting sehingga terbentuk kantung yang rapi dan siap digunakan sebagai cetakan.

Selanjutnya untuk isiannya disiapkan beras ketan (pulut) putih yang sudah direndam dan dicuci bersih. Beras ketan kemudian dicampur dengan santan segar, gula, garam dan ditambahkan kacang beras atau kacang tolo yang sudah dicuci.

Beras ketan yang sudah dicampur dengan kacang tolo lalu dimasukkan ke dalam kantong temar yang disiapkan sebelumnya lalu dituangi santan. Kemudian kantong semar ini disusun di atas kukusan untuk dikukus selama dua jam lebih.

Kue kantong semar akan berwarna kecokelatan ketika telah matang. Rasanya kenyal pulen dengan rasa gurih manis. Ada tekstur empuk gurih kacang tolo yang enak. Kue ini cocok untuk dinikmati bersama secangkir kopi.

Mengingat pembuatan kue ini memerlukan usaha lebih untuk mendapatkan tumbuhan kantong semar, maka kini tidak banyak orang membuatnya.

Penjual kue kantong semar juga terbatas, sehingga saat perayaan tertentu jajanan ini jadi makanan yang banyak dicari orang.

Nah, berikut resep dan cara membuat kue kantong semar secara umum:

Bahan

  • Beras pulut setengah kilogram
  • Kacang tolo seperlunya
  • 1 buah kelapa (santan kentalnya saja)
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan(diiris kecil)
  • Kantong semar secukupnya

Cara Membuat

  1. Cuci bersih beras pulut kemudian direndam
  2. Setelah beras pulut sedikit lunak ditiriskan sampai kering
  3. Masukkan beras pulut tadi ke dalam santan kental plus garam
  4. Pisahkan sedikit santan kental ke dalam wadah kecil
  5. Cuci bersih kantong semar
  6. Masukan adonan yang sudah dicampur adonan pulut, santan, garam, dan jangan lupa kacang tolo
  7. Kukus adonan yang sudah diisikan ke dalam kantong semar
  8. Setelah setengah matang, masukkan kembali santan ke dalam kantong semar kemudian masukkan kembali ke dalam kukusan
  9. Setelah matang, kue kantong semar pun siap disajikan

Demikian soal kue unik dari Kalbar, kantong semar. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment