3 Langkah Memulihkan Akun Facebook yang Diretas: Mudah dan Praktis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Untuk melakukan 3 langkah memulihkan akun Facebook yang diretas, perhatikan cara sebagaimana berikut.

Dalam artikel yang membahas 3 langkah memulihkan akun Facebook yang diretas ini, pengguna dapat melakukan metodenya dengan mudah dan praktis. Bahkan, tips ini bisa dilakukan oleh banyak kalangan.

Selain itu, 3 langkah memulihkan akun Facebook yang diretas ini memiliki levelnya sendiri. Artikel ini akan membahas sesuai porsi dari kadar pembobolan sebuah akun. Dengan begitu, pengguna bisa mencocoknya.

Dalam kegiatan sehari-hari di dunia maya, peretasan sebuah akun sudah sering kali terdengar. Pembobolan dalam bentuk percobaan pengambilan Facebook ini dinilai cukup berbahaya.

Beberapa alasan yang melatarbelakanginya juga beragam. Adakala hanya dimotivasi dengan mengambil keuntungan pribadi, biasanya peretas akan menggunakan akun Facebook untuk melakukan penipuan siber.

Tidak dipungkiri juga, peretasan akun Facebook ditimbulkan oleh alasan politisi. Insiden terakhir ini biasanya kerap dialami oleh sebuah akun milik institusi organisasi atau pemerintahan.

Bila sebuah akun berhasil disusupi oleh pihak ketiga, biasanya kegiatan mencurigakan akan timbul. Hal ini juga telah diperingatkan oleh pihak Facebook sendiri.

Melansir dari laman resmi Facebook, Kamis (7/9), pemilik akun akan melihat aktivitas yang mencurigakan. Sebagai contoh, postingan terdahulu terhapus dan diganti dengan unggahan lain secara tidak sadar.

Melihat kejahatan dunia siber yang cukup merajalela di dunia digital, Facebook memberikan tips tersendiri untuk menangani sebuah akun yang dibobol.

Untuk mengetahui lebih lanjutnya, berikut keterangan lengkap tentang 3 langkah memulihkan akun Facebook yang diretas:

  1. Ganti Password.

Bila status peretasan sebuah akun pengguna terasa di level ringan. Segeralah untuk mengambil alih akun, dengan cara mengganti password.

Cara tersebut bisa dilakukan di menu 'Setting' dan 'Privacy'. Ubahlah bentuk password dengan kumpulan huruf dan karakter unik, sehingga kualitasnya cukup kuat dari serangan hacker.

Bila ternyata tidak mampu login, caranya cukup mudah. Bukalah Facebook, di halaman pertama klik 'Lupa Password' agar pihak Facebook mengirim ulang kata kunci melalui Gmail.

Setelah berhasil masuk, segeralah ganti password dengan ragam kata yang tidak mudah ditebak oleh orang lain.

  1. Periksa Riwayat Aktivitas Akun.

Berikutnya, cara kedua ini sebenarnya untuk mengetahui apakah sebuah akun berhasil diretas atau tidak. Untuk mendapatkan informasi tersebut, segeralah periksa riwayat aktivitas akun Facebook.

Pengguna bisa mengetahui hal tersebut di 'Pengaturan'. Kemudian, klik 'Settings dan Privasi" dan pilih menu 'Log Aktivitas'.

Bila informasi yang didapat ternyata berisi data yang mencurigakan. Segeralah laporkan ke Facebook, seperti pada cara ketiga.

  1. Laporkan Akun.

Setelah benar-benar yakin sebuah akun diretas, tips paling mudah yakni dengan cara melaporkan akun agar bisa dibawah kendali pengguna lagi.

Berikut penjabaran lengkapnya, agar Anda tidak merasa kebingungan:

  • Klik menu pada garis tiga di bagian atas sebelah kanan.
  • Pilih opsi 'Bantuan dan Dukungan'.
  • Klik 'Pusat Bantuan'.
  • Ketik kalimat 'Akun Diretas' pada kolom pencarian.
  • Klik opsi tulisan yang bernada 'Sepertinya akun Facebook saya telah diretas atau diambil alih oleh orang lain'.
  • Klik pilihan 'Memulihkan akun jika Anda merasa akun Facebook Anda diretas'.

Tunggu proses sampai selesai dan mendapat respon. Setelah berhasil, ganti password seperti langkah pertama di atas.

Demikianlah penjelasan tentang 3 langkah memulihkan akun Facebook yang diretas. Semoga berhasil! (Dzikrullah) ***

Leave a comment