Kabar Selebgram Oklin FIa Jadi Duta MUI Adalah Hoaks, Cholil Nafis: Terpikirkan Saja Tidak, Apalagi Memutuskan!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Tiba-tiba Selebgram Oklin Fia yang viral karena konten jilat es krim dikabarkan bakal didaulat jadi Duta Makelis Ulama Indonesia (MUI).

Terang saja kabar Oklin Fia jadi Duta MUI itu menghebohkan publik, dan untuk itu Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Muhammad Cholil Nafis, angkat bicara.

Cholil Nafis pun tegas membantah kabar yang menyebutkan Oklin Fia bakal dijadikan sebagai Duta MUI itu adalah hoaks.

Disebutkan Cholil Nafis, sejak beredar kabar yang mengatakan MUI akan mengangkat Oklin Fia jadi Duta MUI, dia kerao mendapat pertanyaan dari banyak orang.

"Saya tegaskan bahwa di Majelis Ulama Indonesia saya tidak pernah berpikir, jangankan pernah, memutuskan untuk jadikan Oklin Fia sebagai duta Majelis Ulama Indonesia,” ujar Cholil seperti melansir akun Instagram @muipusat, Kamis (7/9/2023).

Ditegaskan Cholil juga, MUI sama sekali tidak berpikiran akan menjadikan Oklin menjadi Duta MUI.

Namun terlepas itu Cholil sangat menghargai taubat yang dilakukan oleh Oklin Fia yang menyesal karena telah menggunakan media sosial sebagai wadah yang tidak baik. Apalagi sampai membuat kegaduhan di tengah masyarakat.

Tentunya sambung Cholil, pelajaran yang diberikan kepada Oklin adalah agar kedepannya bisa menggunakan media sosial dengan bijak.

"Bagi anak-anak muda yang mau memberikan pencerahan kepada masyarakat atau ingin aktif di media sosial, pikirkan untuk materi-materi yang baik yang dapat mengangkat derajat kemanusiaan dan dapat menginsipirasi anak-anak kita untuk lebih kreatif dan lebih maju di masa yang akan datang," beber Cholil.

MUI pun berharap semoga apa yang dialami Oklin menjadi pelaran bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Terlepas itu netizen yang menyoroti isu terkait Duta MUI itu mengungkapkan, penyebar berita hoax itu setidaknya dihukum biat jera. Apalagi ini menyangkut organisasi besar di Indonesia.

"Minimal kasih Hukum jera pak yg nyebarin BERITA HOAX, bikin gaduh aja," kata netizen dengan akun @skriwil.kriwil.

"Gila yah orng yang bikin brita konyol kyk gitu, sking pengenya jatuhi MUI kok smpe bikin brita hoax," timpal netizen dengan akun @onnie_cece.

Netizen lain juga beranggapan Oklin sudah pasti dimaafkan ketika menyambangi MUI, namun proses hukum seharusnya dipastikan tetap berjalan. "Kalau tidak begitu, nanti kedepannya akan ada Oklin Oklin Fia lainnya yang menghalalkan segala cara demi viral, giliran sudah viralm gampang tinggal nangis-nangis sambil meminta maaf," sebut netizen dengan akun @idina_mariana97.

Sebelumnya Oklin memang menyambangi kantor MUI pusat dan bertemu dengan Wasekjen Badan Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikhsan Abdullah. Oklin bahkan mengabadikan pertemuannya itu dan mempostingnya di media sosial.

"Terima kasih yang tak terhingga juga saya sampaikan kepada Wasekjen Badan Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bapak Ikhsan Abdullah yang sudah berkenan menerima permintaan maaf saya secara langsung dan terima kasih pula atas nasihat dan masukannya," tulis Oklin dilansir Kamis (7/9/2023).

Dalam postingannya itu, Oklin juga menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Khususnya kepada saudara-saudara umat Muslim, atas konten yang kurang pantas yang telah saya buat. Saya sangat menyesal atas ketidakbijaksanaan tersebut dan saya berjanji untuk tidak mengulanginya kembali," janji Oklin Fia. (Adelina). ***

Leave a comment