Jangan Khawatir! 3 Aplikasi Pengganti WordPad Ini Bisa Jadi Pilihan Untuk Mengetik

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Meski WordPad kini telah berstatus nonaktif, 3 aplikasi pengganti WordPad ini sangat layak untuk diandalkan agar bisa mengetik dengan lancar.

Bagi sebagian orang, 3 aplikasi pengganti WordPad ini sudah menjadi primadona dalam masalah pengetikan. Cara mengoperasikannya pun mudah, serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik.

Tidak hanya itu saja, 3 aplikasi pengganti WordPad yang akan dibahas kali ini juga gratis. Bila hendak mencobanya, pengguna laptop dapat mengunduh platform tersebut di internet dan langsung menginstall.

Berbekal fitur yang multifungsi, segala aktivitas yang berhubungan dengan pengetikan dapat dilakukan oleh aplikasi pengganti WordPad tersebut.

Namun jangan sampai Anda menyalah artikannya. Adapun yang dimaksud dengan aplikasi pengganti WordPad di sini, tidak lain daftar platform yang menjadi pilihan alternatif dan dapat digunakan tanpa membeli atau berlangganan terlebih dahulu.

Sebelum WordPad dinonaktifkan oleh Microsoft, aplikasi ini termasuk salah satu pilihan favorit. Hal paling mendasar yang menyebabkannya diminati oleh pengguna tidak lain karena gratis.

Namun, semenjak awal bulan September 2023 ini. Aplikasi yang melayani bidang pengetikan tersebut telah berstatus nonaktif, serta hampir tidak bisa digunakan lagi.

Oleh sebab itu, banyak pengguna yang menyayangkan keputusan dari Microsoft. Sebagian dari mereka lantas mencoba mencari aplikasi lain di bidang pengetikan.

Karena banyaknya user yang mencoba menemukannya. Pada kesempatan ini, tim Insidepontianak merasa perlu menjelaskan tentang 3 aplikasi pengganti WordPad tersebut. Berikut penjabarannya:

  1. Apache Open Office.

Mungkin platform Apache Open Office terdengar asing bagi sebagian orang. Bila belum pernah mengetahuinya, aplikasi ini menyediakan ragam fitur ini untuk kebutuhan mengetik.

Dari segi tampilannya saja, Apache Open Office juga hampir sama dengan WordPad ataupun Microsoft (MS) Office. Jadi, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa perlu mempelajari secara mendalam.

Pengguna yang merasa tertarik untuk mencobanya bisa langsung mendownload di internet dengan gratis. Aplikasi ini cocok juga sebagai alat menyunting dari file.

Karena berkategori aplikasi kantoran, Apache Open Office juga bisa digunakan untuk kebutuhan presentasi.

  1. Google Docs.

Google Docs merupakan platform yang menyediakan segala aplikasi yang berkaitan erat dengan dunia perkantoran. Karena itu, platform yang kedua ini bisa dijadikan pengganti WordPad yang tepat.

Google Docs hampir tersedia secara di seluruh jenis laptop kekinian. Sebab, aplikasi ini tergabung dengan platform Google.

Namun, bila hendak menggunakannya secara sempurna alangkah lebih baiknya terhubung dengan internet.

Hal ini dipicu oleh beberapa fitur yang tersedia pada Google Docs hanya bisa aktif bila perangkat tersambung dengan internet.

Karena aplikasi ini harus digunakan pada perangkat yang tersambung dengan WiFi, Google Docs memiliki ruang penyimpanan tersendiri yang bernama Google Drive.

Jadi, pengguna bisa mengolah file dari laptop ke ponsel pintar tanpa perlu menyalinnya terlebih dahulu. Bagi pengguna Android Google Docs bisa diunduh di Playstore, sedangkan pengguna iOS dapat mendownload aplikasi ini di Apps Store.

  1. Libre Office Writer.

Libre Office Writer juga cocok untuk menyelesaikan masalah pengetikan tanpa perlu membelinya dengan uang. Dengan kata lain, pengguna hanya perlu mengunduhnya di internet saja.

Display yang ada didalamnya juga sama dengan MS Word, sehingga tampilan ini cukup familiar bagi kebanyakan orang.

Namun terdapat kendala lain, Libre Office Writer ini tidak tersedia dalam bentuk aplikasi ponsel. Bila hendak menyunting suatu file di perangkat yang berbeda, pengguna harus mentransfer dokumen terlebih dahulu.

Itulah pembahasan tentang 3 aplikasi pengganti WordPad yang bisa menjadi pilihan alternatif. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment