Zoom Kini Hadirkan 5 Fitur AI Companion: Ringankan Kerjaan Peserta Rapat Online

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sebagai aplikasi meeting yang trendy, Zoom kini hadirkan 5 fitur AI Companion untuk memudahkan peserta rapat bekerja lebih maksimal.

Dalam 5 fitur AI Companion yang dihadirkan oleh aplikasi Zoom ini, pengguna dapat dengan santai mengikuti rapat. Teknologi tersebut memang dirancang mengandalkan kecerdasan buatan yang cukup canggih.

Bahkan, 5 fitur AI Companion yang ikut dihadirkan pada aplikasi Zoom juga dapat menerima perintah dari peserta rapat. Dengan demikian, meting online dadakan bukan menjadi masalah lagi selagi AI tersebut diaktifkan.

Kehadiran fitur AI Companion ini sebenarnya merupakan fitur susulan. Pada bulan Maret 2023 lalu, Zoom sebenarnya meluncurkan AI Zoom IQ dengan kecakapan pengerjaan tugas yang mendasar.

Sayangnya, AI Zoom IQ memiliki batas kemampuan tersendiri. Untuk memperluas kehebatannya, barulah Zoom meluncurkan kembali fitur yang dinamakan AI Companion.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Zoom, pengumuman tentang aplikasi rapat online yang telah memperkenalkan kecerdasan buatan tersebut sebenarnya tersiar sejak akhir Agustus 2023.

Hal itu juga dibenarkan oleh Chief Product Officer Zoom, Smitha Hashim. Dia juga menandaskan, Artificial Intelligence tersebut sudah bisa digunakan sejak tanggal 5 September 2023 lalu.

Smitha juga menjelaskan, fitur baru AI Companion ini merupakan kerja sama antara pihak Open AI Zoom IQ dan Chat GPT.

Seluruh pengguna di berbagai belahan Negara sudah dapat mencoba fitur canggih tersebut. Sehingga, mereka dapat menikmati rapat dengan tenang meski mendadak.

Untuk mengetahui kumpulan 5 fitur AI Companion pada Zoom ini, berikut ulasan lengkapnya:

  1. Penyusun Bab Saat Rapat.

Lamanya rapat online yang sedang berlangsung, kerap membuat para peserta untuk menyerap laporan yang dituangkan.

Dengan penggunaan AI Companion, peserta kin dapat menyusun rapat dalam bentuk per bab. Sehingga, bila suatu waktu ingin melihat catatan penting tersebut pengguna dapat mengintipnya dengan mudah.

  1. Tanyakan Hal Spesifik.

Selanjutnya berupa asisten pribadi dalam bentuk Artificial Intelligence. Kegunaannya tidak lain untuk menanyakan maksud dari presentasi peserta yang sulit dipahami.

Dengan bantuan AI Companion, bahasa dan penjelasan yang rumit kini sudah bisa terpecahkan dengan mudah tanpa perlu menanyakan langsung ke teman yang sedang memberikan presentasi.

Selain itu, fitur asisten ini juga dapat melihat total impression dari rapat. Bahkan, AI yang dipakai pada Zoom juga telah menyediakan opsi konten rapat secara spesifik.

  1. Menyusun Ringkasan.

Berbeda dengan jenis pertama, kemampuan lain dari AI Companion dapat menyusun ringkasan dari rapat yang telah diikuti.

Agar dapat mengingat dan mengetahuinya dengan detail, peserta online dapat mengcopy-paste dan disalin di lembaran lain seperti Microsoft Word dan lainnya. Dengan begitu, pengguna bakal mengetahui ringkasan lengkap.

  1. Rekam Rapat.

Pada meeting online dadakan, waktu yang ditentukan acapkali diatur secara random. Oleh karenanya, banyak peserta rapat yang akan hadir terlambat dan tidak menyimak dari awal.

Menanggulangi hal itu, AI Companion ini bakalan merekam percakapan yang telah berlangsung semenjak raat telah dimulai.

Dengan ini, peserta rapat yang muncul terlambat dapat melihat kembai rekaman dan tidak menyebabkannya ketinggalan informasi.

  1. Zoom Team Chat.

Fitur terakhir ini menyasar pada ruang obrolan dalam bentuk teks. AI Companion dapat menyusun draft pesan atau chat agar tidak lagi mengetiknya secara manual.

AI Companion juga dapat mendokumentasikan isi chat yang telah lalu. Hasilnya, pengguna tidak memiliki kekurangan informasi lantaran datang sedikit telat.

Perlu diketahui, fitur kecerdasan buatan ini hanya bisa dinikmati secara bebas dengan cara berlangganan setiap bulannya. Artinya, pengguna yang belum menjadi pelanggan tetap tidak bisa menjajalnya.

Demikianlah ulasan mengenai 5 fitur AI Companion pada aplikasi Zoom. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment