Waspadai Penipuan dengan Aplikasi Truecaller: Berikut Cara Mengaktifkan dan Pembahasan Fiturnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Mengantisipasi masuknya telepon masuk berupa penipuan bisa dilakukan dengan aplikasi Truecaller. Simak cara mengaktifkan dan pembahasan fiturnya di bawah ini.

Untuk mengaktifkan Truecaller di smartphone tergolong mudah. Bila mengikuti langkahnya dengan benar, aplikasi ini secara otomatis akan memeriksa apakah panggilan yang diterima datang dari penipu atau bukan.

Membedakan panggilan penipu dan tidaknya bisa dilakukan oleh Truecaller. Oleh sebab itu, aplikasi ini bisa jadi pilihan alternatif untuk mengantisipasi aksi penipuan di dunia digital.

Truecaller sendiri merupakan aplikasi yang bekerja sesuai dengan sistem Crowdsourcing, alias dikenal dengan sebutan 'urun daya'. Sistem inilah yang kemudian dapat mengidentifikasi nomor yang diterima oleh pengguna.

Dalam menjalankan operasinya, aplikasi tersebut akan memberikan ikon atau karakter tertentu. Dengan begitu, pengguna dapat membedakan antara panggilan masuk yang datang dari penipu atau tidaknya.

Pada zaman sekarang, aksi scammers atau penipuan marak dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak sekali korban yang berhasil diusili hingga mengalami kerugian material.

Biasanya, penipu akan meminta privasi pengguna. Misal seperti menanyakan CVC kartu kredit, PIN ATM, atau data penting lainnya

Umumnya, mereka akan berpura-pura menjadi karyawan suatu perusahaan perbankan. Bila tidak memiliki aplikasi pembaca identitas nomor, bisa dipastikan pengguna mudah percaya dan menuruti perintah yang diberikan.

Beruntungnya, aksi kejahatan tersebut kini bisa ditangkal dengan sebuah aplikasi yang dikenal dengan nama Truecaller. Sebelum ke pembahasan cara mengaktifkan, alangkah lebih baiknya mengetahui fitur yang bisa dijajal.

Adapun fitur-fitur yang bisa digunakan pada aplikasi pembaca identitas nomor ini, antara lain bisa ditemukan pada pembahasan berikut ini:

  1. Membaca ID Nomor.

Kelebihan skill pertama yakni dengan hadirnya fitur membaca ID nomor. Hal ini berlaku secara menyeluruh, maksudnya tidak hanya membatasi pada nomor domestik saja melainkan juga internasional.

Bila aplikasi sudah siap diaktifkan, identitas nomor asing yang menelepon pengguna akan disibak dengan transparan. Selain itu, terdapat karakter atau ikon tertentu bila penelepon mengaku sebagai karyawan suatu perusahaan penting.

  1. Pemblokir Spam.

Selain sangat berfungsi untuk mengetahui ID nomor ponsel. Aplikasi tersebut dapat menolak segala bentuk pesan singkat yang dikirim dengan tujuan spam.

Bila pengguna merasa terganggu dengan kehadirannya, pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur ini. Seketika, puluhan SMS yang berkategori spam tidak akan diterima lagi.

  1. Identifikasi Pesan.

Berbeda dengan penggunaan Android. Bila aplikasi ini diinstal di ponsel iOS, platform tersebut juga dapat mengidentifikasi isi pesan secara otomatis dan memfilternya pada kategori tertentu.

Sebagai contoh mendasar, aplikasi ini akan secara otomatis mengelompokkan pesan berbau diskon, penawaran, atau kortingan harga pada folder 'Promosi'.

Sedangkan tentang informasi pesan dari perbankan, atau penarikan, dan transfer akan dimasukkan ke folder 'Transaksi'.

Cara Mengaktifkan Truecaller.

Perlu diketahui, aplikasi yang bekerja dalam bentuk penyibakan identitas nomor ponsel bisa diunduh di jenis ponsel Android atau Iphone. Berikut cara mengaktifkannya:

  1. Buka Play Store bagi pengguna Android dan Apps Store untuk ponsel iOS.
  2. Ketik 'Truecaller' pada kolom pencarian.
  3. Unduh aplikasi, serta jangan lupa untuk menginstalnya.
  4. Buka aplikasi yang sudah didownload.
  5. Klik tulisan yang berbunyi 'Get Started' atau 'Mulai'.
  6. Izinkan aplikasi mendapat akses menyeluruh ke kontak yang telah tersimpan di dalam ponsel.
  7. Isi data, nama lengkap, dan alamat Email.
  8. Ikuti instruksi yang diberikan.
  9. Tunggu prosesnya hingga selesai.
  10. Bila sudah selesai, aplikasi langsung aktif secara otomatis.

Itulah pembahasan mengenai fitur Truecaller dan cara mengaktifkannya. Aplikasi ini cukup ampuh untuk menggagalkan aksi penipuan, lantaran identitas nomornya dapat dibaca cukup transparan. (Dzikrullah) ***

Leave a comment