Manfaat Telur Ayam Bagi Tubuh: Bisa Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Siapa yang tak pernah memakan telur ayam? Bahan makanan murah dan praktis ini bukanlah asing di dapur-dapur rumah, apalagi dia punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ya, telur ayam memang punya segudang manfaat bagi tubuh. Tidak sekadar bagi kesehatan, telur ayam juga sudah biasa dipakai untuk kecantikan.

Meski begitu, walau punya banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan, telur ayam cenderung dijadikan kambing hitam karena dianggap bikin kolesterol tinggi.

Faktanya, melansir yankes.kemkes.go.id, Senin (11/9/2023), makan telur juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain menjadi sumber protein hewani, telur juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti selenium, fosfor, kolin, kalsium, zinc, serta beragam vitamin, dan juga mengandung lemak.

Nah, lemak inilah yang disebut bisa meningkatkan kadar kolesterol. Itulah sebab, banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi telur sebagai lauk, tetapi tidak boleh berlebihan.

Yang jelas, baik pada bagian putih maupun kuning telur, sama-sama mengandung sumber protein, vitamin, kalori, dan berbagai jenis mineral. Beriktu beberapa manfaat telur ayam bagi kesehatan tubuh:

  1. Membentuk Jaringan Tubuh dan Fungsinya
    Pada dasarnya, telur ayam mengandung protein yang berperan penting dalam hal pembentukan dan perbaikan di semua fungsi sel tubuh. Zat gizi tersebut mampu membentuk setiap sel dan jaringan penyusun tubuh, mulai dari otot, peredaran darah, tulang, hingga otak.

Tubuh manusia sangat memerlukan adanya protein, terutama dalam proses metabolisme, membentuk energi, menghasilkan hormon, bahkan menyembuhkan luka sekalipun. Nah, dengan mengonsumsi telur setidaknya satu butir untuk satu hari, dinilai mampu menyediakan protein bagi tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata
    Telur mengandung vitamin A, zinc, dan antioksidan, berupa lutein dan zeaxanthin yang mana sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin ini biasanya akan terkumpul pada retina mata dan berperan untuk melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa keberadaan antioksidan lutein dan zeaxanthin ini dinilai mampu membantu untuk mengurangi risiko penyakit katarak dan degenerasi makula.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
    Memang benar bahwa telur itu mengandung kolesterol, tetapi justru kolesterol tersebut mampu mengubah kolesterol jahat menjadi yang lebih sehat. Telur itu dapat menyeimbangkan kadar kolesterol darah di tubuh.

Bahkan, terdapat sebuah penelitian yang dimuat dalam British Medical Journal, yang menyatakan bahwa ternyata tidak ada hubungan antara makan telur dengan risiko penyakit jantung.

  1. Menguatkan Sistem Imun
    Sebutir telur mengandung beragam zat gizi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan imun tubuh. Sebut saja ada asam amino yang mana sebagai pembentuk kekebalan, mulai dari vitamin A, antioksidan, vitamin B12, hingga mineral selenium.

Pada bagian kuning telur itu mengandung glikopeptida tersulfonasi, sebuah zat yang membantu merangsang produksi dari makrofag. Makrofag ini adalah sel-sel kekebalan pada sistem imun tubuh yang mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit hingga infeksi apapun.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak
    Telur ayam menjadi sumber dari asam amino, kolin, dan omega-3 yang tentu saja merupakan kandungan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan saraf serta jaringan otak, terutama pada anak.

Maka dari itu, anak-anak memang disarankan untuk mengonsumsi telur sebagai lauk, asal tidak boleh berlebihan.

  1. Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
    Telur tidak hanya dapat menurunkan kolesterol jahat saja, tetapi juga dapat meningkatkan jumlah High-Density Lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik.

Orang-orang yang memiliki HDL tinggi, biasanya akan berisiko lebih rendah untuk terkena stroke dan penyakit jantung.

  1. Menambah Energi pada Tubuh Anak
    Pada dasarnya, dalam sebutir itu mengandung sekitar 60 kalori dan 5,5 gram protein sehingga tentu saja dapat menambah energi, terutama pada anak-anak.

Jika anak memiliki energi yang cukup, maka mereka juga dapat menjalankan aktivitas dengan lebih baik, baik itu ketika di sekolah maupun di rumah.

  1. Mencegah Anemia
    Anemia adalah kondisi tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga tidak dapat membawa oksigen dengan jumlah yang cukup. Jika pernah mengalami anemia, biasanya akan merasa mudah lelah, susah berkonsentrasi, mual, dan wajah menjadi pucat.

Lalu, bagaimana cara menangani anemia? Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan folat, contohnya adalah telur ayam.

Demikian informasi manfaat telur ayam bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment