Viral! Pengendara Motor Dikeroyok Para Kernet Bus Lantaran Tak Terima Dihadang, Kendaraan Diseret dan Dibanting

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sebuah video yang merekam beberapa kernet bus yang mengeroyok seorang pria karena menghadang bus di Lamongan, viral di linimasa media sosial.

Dalam video yang beredar, sekelompok kernet bus yang tak terima dihadang lantaran melawan arus ini keluar dan mengeroyok pengendara motor di Babat, Lamongan. Tanpa ampun, mereka menghajar korban yang seorang diri.

Tidak hanya itu saja, kelompok kernet bus yang tak terima di hadang lantaran lawan arah di Lamongan ini juga terlihat menyeret sepeda motor. Barulah kemudian, roda dua tersbut di banting.

Rupanya, aksi tersebut diam-diam direkam oleh pengguna jalan lain yang ikut berada di lokasi. Video ini kemudian diunggah ke media sosial, serta mendapat atensi publik di dunia maya.

Salah satu pengunggahnya yakni pemilik akun Instagram @info.babat, pada Sabtu (9/9) malam. Netizen yang melihatnya juga merasa geram terhadap sikap arogansi kernet bus.

Berdasarkan video viral yang dilihat tim Insidepontianak, mulanya terlihat beberapa orang yang diduga kernet bus terlihat adu mulut dengan salah seorang pengendara roda dua.

Pertengkaran mulut ini dilatari oleh pengendara motor menghadang laju bus yang nekat lawan arus. Tepatnya berada di Jl. Raya Babat-Lamongan, persis di depan SMPN 3 Babat Lamongan.

Aksi cekcok tersebut kemudian diwarnai oleh pemukulan. Seperti yang dilihat di dalam video, beberapa pria yang diduga menjadi kernet ini kemudian melayangkan bogem mentah kepada korban yang memakai helm.

Akibatnya, korban terjatuh dari atas kendaraan. Barulah kemudian, salah satu dari terduga pelaku menyeret motor menjauh dari bagian depan bus dan membantingnya.

Melihat hal itu, korban berinisiatif untuk menghampir kemudi bus yang berada di dalam. Namun, tindakan tersebut dihalau dan pengendara motor berhasil dijauhkan.

Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Widyaghana Putra Pirotshuha membenarkan peristiwa pengeroyokan tersebut. Dia menjelaskan, bahwa insiden di dalam video terjadi pada Sabtu, (9/9) malam.

Selanjutnya, pihak kepolisian setempat langsung mengusut tuntas.

"Setelah ada kejadian itu kami tindak lanjuti dan ada dua bus yang ngeblong (melawan arah)," kata Widyaghana, Senin (11/9).

Berdasarkan keterangannya, awalnya bus yang berasal dari luar Lamongan ini melintasi jalanan. Sayangnya, karnaval yang ada di depannya membuat macet jalan raya.

Lantaran tidak sabar, lantas bus tersebut berusaha mencari celah dan memutar balik kendaraan. Sayangnya, jalur yang dipakai tidak dibenarkan lantaran melawan arus.

Berdasarkan penyelidikan sementara, pihaknya telah mengetahui identitas para pelaku dan jenis kendaraan yang nekat melawan arus tersebut.

"Sudah kita kantongi data bus, ini bus dari luar Lamongan, satu dari Bojonegoro dan satunya dari Surabaya. Sudah kita panggil PO-nya, hari ini atau besok datang ke kantor," ujarnya

Meski telah berhasil mengantongi data lengkap dari pelaku. Pihaknya masih berkoordinasi dengan Polsek Babak, terkait identitas pengendara motor yang dikeroyok.

Kepolisian setempat bersikap tegas tentang insiden tersebut. Walaupun dalam keadaan macet, melawan arah merupakan tindakan membahayakan bagi pengendara lain.

"Alasannya bus (lawan arus) ini timetable, tapi itu kan tidak dibenarkan karena membahayakan pengendara lain," jelasnya.

Tidak hanya mendapat respon dari penegak hukum saja. Sikap arogansi dari beberapa pria yang tega mengeroyok korban juga ikut dinyinyirin warganet.

"Pak kernet dan pak supir, seenggaknya kalau mau berkendara otaknya dibawa dulu ya. Jangan ngerepotin banyak orang," sindir akun @felowguns.

"Supir pinter kayak ngono rek. Pasti pas pembagian otak gak hadir ya?," sambung akun @pendakigalau.

"Kurangnya pendidikan karakter untuk mas-mas yang tidak ikut serta mendukung bapak yang naik motor. Sebagai warga Babat sek nak perantauan, aku miris melihatnya," cemooh akun @alfian.

Hingga artikel ini ditulis, sekelompok warganet tetap dibuat geram akan tindakan arogansi kernet but tersebut. Hal itu bisa dilihat dari komentar pada video postingan akun @info.babat. (Dzikrullah) ***

Leave a comment