Soto Batara Kuin, Andalkan Bumbu Khas Muara Teweh yang Banyak Dipuji: Tampil Beda dari Soto Banjar Kebanyakan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Kelezatan soto Banjar sudah sangat dikenal di Indonesia, tapi pernahkah mencoba yang lumayan beda? Namanya Soto Batara Kuin, berada di Muara Teweh dan memakai bumbu khas.

Sekilas Soto Batara Kuin ini tak jauh berbeda dengan soto Banjar, namun begitu kuahnya masuk ke mulut, maka rasa beda akan langsung muncul. Bumbu khas Muara Teweh penyebabnya.

Ya, Soto Batara Kuin ini memang berada di Muara Teweh, ibukota Kabupaten Barito Utara. Karena itu, bumbu khas yang dipakai untuk soto Banjar cenderung tidak sama dengan lainnya.

Soto Batara Kuin juga semakin menggugah selera dengan adanya tambahan ayam kampung sebagai pelengkap. Anda dapat menikmati Soto Batara Kuin secara langsung maupun ditambahkan dengan satu porsi nasi.

Melansir gotravelly.com dan sumber lainnya, Rabu (13/9/2023), Soto Batara Kuin ini memiliki cita rasa yang lezat serta aroma yang khas. Oleh karena itu, dia masuk ke dalam daftar makanan paling enak di Kalimantan.

Yang jelas, berbagai rempah yang digunakan berhasil menjadikan Soto Batara Kuin banyak disukai oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

Terletak di Jalan A Yani atau tepatnya di depan SMPN 1 Muara Teweh, sejatinya Soto Batara Kuin adalah nama rumah makan yang dimiliki oleh Hj Ranata. Dari tangannya lah kreasi racikan bumbu rahasia muncul.

Hj Ranata yang merupakan warga Suku Dayak Bakumpai dan bersuamikan Imansyah asli dari daerah Kuin, Banjarmasin. Usahanya ini dimulai pada 20 September 2018.

Sebagai informasi, selain Suku Dayak, Suku Banjar memang merupakan suku besar yang ada di Kalimantan Tengah. Selain kedua suku itu, banyak juga Suku Jawa, Melayu, dan sebagainya.

Pun di Barito Utara atau khususnya di Kota Muara Teweh, masyarakat juga didominasi oleh suku-suku yang disebut di atas tadi.

Lalu, bagaimana bisa sampai Soto Batara Kuin masuk 10 besar kuliner terenak di Zona Kalimantan?

Ceritnya, Tim Penilai Kuliner Indonesia dari protokoler kenegaraan sempat mengunjungi rumah makan ini. Dalam penilaian mereka, rumah makan yang setiap harinya buka mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB, mendapat bintang 4 dari kategori rasa soto Banjar-nya.

Selain soal rasa Soto Batara Kuin, tim tersebut juga menilai menu yang ditawarkan, desain rumah makan, maupun layanan yang diberikan.

Nah, Selain Soto Batara Kuin (sesuai nama rumah makannya) yang memang sudah dikenal bahkan dijuluki hidangan berbintang di Muara Teweh, warung ini juga menyediakan berbagai macam kuliner Khas Banjar lainnya.

Sebut saja Soto Batara Kuin plus sayap ayam kampung dan Sop Batara Kuin plus paha ayam kampung. Ada juga gado-gado, rawon, sop iga sapi, iga bakar, sop ceker ayam ras dan kampung, serta jenis kuliner lainnya.

Demikian soal Rumah Makan Soto Batara Kuin, seuah warung yang mengandalkan menu soto Banjar dan lainnya yang berada di Muara Tewh, Barito Utara. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment