Harisson: PMI Komit Kurangi Dampak dan Beradaptasi dengan Perubahan Iklim

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dunia sedang dihadapkan dengan berbagai masalah iklim yang semakin nyata berdampak pada kelangsungan hidup manusia.

Hal itu ditegaskan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson saat menjadi Inspektur Upacara di Markas PMI Kalbar memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Palang Merah Indonesia (PMI) di Jalan Letjen Sutoyo Pontianak, Minggu (17/9/2023).

PMI sebagai organisasi kemanusiaan berkomitmen untuk turut serta mengurangi dampak perubahan iklim, tidak hanya respon tanggap darurat bencana.

"Melainkan berperan meningkatkan kesadaran, memberdayakan masyarakat dalam kegiatan adaptasi perubahan iklim," ucapnya di depan para peserta upacara.

Dirinya kembali menegaskan bahwa PMI berkomitmen untuk melaksanakan aksi cerdas iklim (climate smart) dengan melakukan aksi di markas atau keseharian untuk adaptasi perubahan iklim.

"Contohnya dengan menggunakan kertas bekas, mengirim dokumen secara online, membawa botol minum sendiri dan hal lainnya yang dapat mengurangi dampak perubahan iklim yang sangat ekstrim ini," tegasnya.

Masih terkait perubahan iklim, PMI Provinsi Kalbar telah mengerahkan PMI Kab/Kota se-Kalbar dan bekerjasama dengan Dinas LHK Provinsi dan Kab/Kota melakukan penanaman pohon serentak sebanyak 4.480 pohon dan mangrove.

"Saya himbau tanaman yang sudah ditanam tersebut, dapat dirawat sehingga bisa hidup dan tumbuh agar apa yang telah dikerjakan tidak sia-sia," imbuh Pj. Gubernur.

Tidak hanya itu, PMI juga telah terlibat dalam tanggap darurat bencana dengan bergabung ke dalam Satgas Karhutla yang turut serta memadamkan kebakaran lahan, hutan dan hunian serta turut memberikan bantuan air bersih.

"Bersumberkan dari mata air pegunungan sebanyak 272.000 liter air telah disalurkan bagi masyarakat Kalbar dengan total penerima manfaat sebanyak 25.821 jiwa," jelas Harisson.

Diakhir amanatnya, tal lupa Pj Gubernur menyampaikan apresiasinya atas keterlibatan PMI Provinsi Kalbar dalam membantu masyarakat Kalbar.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar turut bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh PMI Kalbar," tutupnya.

Usai menyampaikan amanat, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Penyerahan Lencana Wira Madya, Jasa Madya dan Satya Bhakti oleh Ketua Dewan Kehormatan.

Adapun yang menerima adalah sebagai berikut mantan Gubernur Kalimantan Barat Periode 2018-2023, H. Sutarmidji, menerima Lencana Wira Madya, Pj. Gubernur Kalbar dan Direktur Utama Bank Kalbar menerima Lencana Jasa Madya.

Selain itu, masyarakat umum yang merupakan pendonor darah tetap juga menerima piagam penghargaan atas Pendonor Darah Sukarela terbanyak.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua PMI Kalbar, Lismaryani beserta para Pengurus PMI Kalbar, Pj Ketua TP-PKK Kalbar, Windy Prihastari. ***

Leave a comment