Banyak yang Salah Paham, Berikut 5 Perbedaan Fitur Channel dan Komunitas di WhatsApp

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pengetahuan mengenai 5 perbedaan fitur Channel dan Komunitas di dalam WhatsApp penting untuk diulas. Sebab, banyak yang gagal paham mengenai keduanya.

Bila sudah mengetahui 5 perbedaan fitur Channel dan Komunitas di WhatsApp sudah jelas, pengguna tidak akan merasa kebingungan lagi. Dengan begitu, mereka dapat memanfaatkan keduanya secara terpisah.

Sekilas, 5 perbedaan fitur Channel dan Komunitas di dalam WhatsApp ini sulit diketahui. Pasalnya, keduanya sama-sama berperan penting dalam menyalurkan suatu informasi tertentu bagi pengguna aplikasi lain.

Sebelumnya, fitur Channel pada WhatsApp ini masih hangat menjadi topik perbincangan di dunia maya. Maklum, usianya masih menginjak dua hari setelah peresmiannya pada Rabu, (13/9) kemarin lusa.

Peluncuran fitur tersebut dilakukan secara daring. Tidak hanya bisa dioperasikan pada satu Negara saja, penggelontoran Channel (Kanal) ini bisa dicicipi oleh beberapa orang di berbagai belahan Dunia.

Termasuk di dalamnya Negara Indonesia, hal itu diungkapkan langsung oleh Public Policy Manager Eshter Sambo secara daring.

Dengan tujuan utamanya sebagai media penyampai informasi. Eshter menyebut, bahwa fitur tersebut dapat diakses langsung pada aplikasi WhatsApp yang telah mengalami pembaharuan.

Caranya juga mudah, pengguna hanya perlu mengklik ikon 'Mengikuti'. Dengan begitu, langsung disajikan informasi dari kanal yang diikuti.

“Pengguna dapat memilih ingin mengikuti informasi yang mana. Jenis informasi yang ditawarkan adalah informasi terkini (breaking news), aman, dan terukur,” jelas

Dengan cara kerja di atas, terdapat sekelompok orang yang menyalah artikan dan menyamakan fitur baru ini dengan fitur 'Komunitas' yang sudah ada.

Agar Anda tidak gagal paham, simak 5 perbedaan fitur Channel dan Komunitas pada WhatsApp pada uraian berikut ini.

  1. Prioritas Fungsi.

Cara membedakan kedua fitur tersebut yakni pertama-tama harus mengetahui fungsinya terlebih dahulu. Kanal merupakan sistem yang dapat menyalurkan informasi dalam satu arah ke anggota yang mengikutinya.

Sedangkan pada Komunitas, sistem yang dipakai bersifat dua arah. Fitur ini sebenarnya berguna untuk menampung beberapa grup dalam satu folder berkategori tertentu, bisa dikatakan Komunitas sebenarnya termasuk Grup besar.

  1. Audiens.

Dinalar secara dangkal, Komunitas dan Channel dapat menampung audiens dalam jumlah puluhan hingga ratusan.

Akan tetapi, perbedaannya sangat kentara dalam sifat satu arah pada Channel. Pasalnya, saling anggota tidak akan mengetahui nomor telepon member lain. Pun, informasi pengguna lain tidak bisa diulik.

Untuk komunitas, dalam fitur ini mereka dapat saling bertukar kabar dalam obrolan yang bersifat pribadi. Sebab, identitas mereka dapat diketahui dengan jelas.

  1. Kontrol Berbeda.

Pengguna yang terbiasa dengan Komunitas, pastinya akan mengetahui bahwa Admin grup dapat membatasi percakapan. Bahkan, mereka dapat dikeluarkan secara bebas bila melanggar aturan.

Berbeda dengan Channel. Fitur satu ini memberikan kontrol penuh pada Admin, mereka yang memiliki akses tersebut bahkan bisa menyebabkan pesan (chat) yang dikirim tidak bisa diteruskan di luar kanal.

Tidak hanya itu saja, Kanal juga memberikan opsi penuh kepada admin, tentang apakah Saluran yang dibinanya dapat ditangkap layar atau tidak.

  1. Lokasi Channel.

Fitur komunitas bisa diakses melalui tabnya sendiri, sehingga pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah.

Sedangkan bagi Channel, tabnya akan ditempatkan pada 'Update'. Perlu diketahui, bila pengguna memperbarui WhatsApp, pada Kamis (14/9), tab Status akan berganti menjadi 'Update'.

Sehingga, pengguna yang mengikuti suatu saluran dapat mengetahui informasi tertentu melalui tab 'Update' tersebut.

  1. Masalah Enkripsi.

Dikarenakan Komunitas merupakan wadah bertukar kabar dengan dua belah pihak. Fitur ini dilengkapi dengan sistem keamanan enkripsi, yang akan sulit dibobol oleh pihak ketiga. Bahkan, WhatsApp saja tidak bisa mengintervensinya.

Untuk Channel sendiri, fitur enkripsi tersebut tidak tersedia. Melainkan, WhatsApp melindunginya dengan keamanan "WhatsApp Channel's Line".

Hal itu diharapkan, WhatsApp dapat menindak langsung bila terjadi hal yang mencurigakan pada suatu saluran penggunanya.

Demikianlah uraian tentang 5 perbedaan fitur Channel dan Komunitas yang tersedia pada WhatsApp. Semoga uraian di atas mudah dipahami. (Dzikrullah) ***

Leave a comment