Panduan Cara Cari Fitur Channel pada WhatsApp: Tips Dapatkan Informasi Terkini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Agar dapat mengetahui cara cari fitur Channel di WhatsApp, kamu harus memperhatikan langkah-langkah berikutnya di bawah ini supaya tidak ketinggalan informasi.

Terkini, cara cari fitur Channel pada WhatsApp sudah menjadi jalan alternatif mendapatkan informasi terupdate. Sehingga, pengguna tidak akan merasa ketinggalan bila sedang mengikuti isu terhangat.

Oleh sebab itu, banyak dari netizen mulai mengulik panduan cara mencari fitur Channel pada aplikasi WhatsApp. Sebab, benefit yang didapatkan hampir sama dengan mengetahui informasi dari kanal berita.

Fitur yang berupa saluran ini sebenarnya masih hangat, karena pihak WhatsApp sendiri menggelontorkannya pada pertengahan bulan September 2023.

Bahkah karena tergolong baru, banyak penggunanya yang merasa bingung ketika mencoba membedakan antara Saluran dan fitr Komunitas.

Pada dasarnya, fitur Saluran atau Channel yang dimiliki oleh WhatsApp bersifat satu arah. Jadi,anggota yang mengikuti sebuah kanal tidak dapat mengirim pesan langsung.

Meski demikian, pengguna dapat meresponnya dengan ekspresi yang diwakilkan oleh emoji khusus. Tujuannya sendiri hanya difokuskan menyampaikan informasi yang terarah kepada audiens.

Fitur baru ini juga hanya bisa dinikmati, bila penggunanya telah melakukan pembaruan WhatsApp. Agar dapat langsung mengetahui langkahnya, simak uraiannya di bawah ini:

  1. Lakukan pembaruan WhatsApp di Android dan Iphone.
  2. Buka aplikasi WhatsApp.
  3. Klik fitur 'Updates'.
  4. Gulir ke bawah, hingga menu 'Saluran' atau 'Channel' bisa ditemukan.
  5. Kemudian pengguna akan disuguhkan beberapa akun Channel yang direkomendasikan.
  6. Merasa kurang puas, pengguna bisa mencarinya secara manual.
  7. Untuk pencarian manual, klik opsi 'Cari Channel'.
  8. Terdapat beberapa kategori yang bisa dicari. Mulai dari 'Paling Aktif', 'Populer', dan 'Wilayah'.
  9. Atau, ketikkan nama Channel yang hendak diikuti.
  10. Klik ikon tambah (+) untuk mengikutinya.

Bila sudah selesai, pengguna akan mendapat berita terbaru dari Channel yang telah diikuti. Saluran ini tepatnya berada di bawah bagian status WA.

Sebagai informasi tambahan, semenjak melakukan pembaruan pengguna tidak akan menjumpai lagi fitur 'Status' yang berada di antara obrolan dan panggilan.

Namun sebagai gantinya, pihak WhatsApp akan menamainya dengan 'Updates'. Fitur ini akan memuat sekaligus antara 'Status' dan 'Channel' dalam satu menu.

Sehingga, bila pengguna menekan menu 'Updates' yang muncul pertama kali adalah status kontak yang tersimpan dalam ponsel. Bila digulir ke bawah, barulah kemudian disusul dengan berbagai channel yang diikuti.

Uniknya lagi, tampilan 'Saluran' di ponsel cukup berbeda. Layar ponsel akan menampilkan dengan gaya horizontal, agar pengguna leluasa melihat ragam berita update.

Selain itu, bila hendak memilih opsi 'wilayah;' dari sebuah channel. Pastikan ponsel atau perangkat teknologi lainnya terhubung dengan GPS agar memberikan pilihan tepat, alias sesuai dengan daerah terdekat.

Demikianlah cara cari fitur Channel pada WhatsApp yang sangat membantu untuk menghadirkan berita terkini. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment