Bandara Supadio Akan Berganti Status, Sutarmidji: Terlalu Lama Berwacana, Bandara Jadi Merana

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Status bandara Supadio yang berada di Kabupaten Kuburaya akan berganti status.

Pergantian status dari Bandara Internasional ke Domestik diakui GM Angkasa Pura melalui Elektronic Engineer Angkasa Pura II, Iwan Sutisna.

Ia menjelaskan jika penetapan status diberikan langsung oleh pemerintah pusat.

"Tahun lalu wacana sudah ada terkait penetapan status bandara Supadio. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Pak Sutarmidji saat menjadi Gubernur dan beliau telah mengirim surat terkait penetapan status tersebut," ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya jika penetapan tersebut meski masih wacana terkait evaluasi Bandara Supadio termasuk bandara lainnya yang ada di Indonesia.

"Evaluasi ini sendiri dari 34 bandara yang ada di Indonesia akan menjadi 16 bandara termasuk Bandara Supadio," jelasnya.

Terkait hal itu Gubernur Kalimantan Barat Periode 2018-2023 Sutarmidji mengakui jika wacana tersebut telah ia ketahui dan langsung direspon olehnya dengan mengirim surat langsung ke Kemenhub.

"Saya sudah surati Kemenhub agar penerbangan dari Kuching ke Pontianak segera dihidupkan. Kalau menurut saya Supadio harus jadi Bandara Internasional, seiring dengan keberadaan IKN," ungkapnya kepada insidepontianak.com, Kamis (21/9/2023).

Diakui Bang Midji jika saat berkoordinasi dengan Angkasa Pura saat ia menjabat sebagai Gubernur Kalbar, pembahasan spesifik belum dilakukan karena masih sebatas wacana.

"Memang ketemu dengan pihak Angkasa Pura tapi gak ada pembahasan spesifik tentang hal itu. Karenakan masih wacana. Nanti ganti Menhub mungkin ganti wacana, karena terlalu lama berwacana, akhirnye nanti Bandara merana," terangnya.

Iapun mengaku jika tak setuju dengan wacana Kemenhub terkait perubahan status Bandara Supadio tersebut.

"Ngapain dibangun bagus, ditambah panjang runway tetapi ada wacana juga mau dijadikan embarkasi antara dll. Saya intinya tetap ingin Supadio jadi Bandara Internasional bahkan kalau perlu ditingkatkan lagi," tegasnya. ***

Leave a comment