Selain Kelakai, Tiga Tanaman Ini Juga Jadi Kuliner Khas Dayak: Dari Rotan, Kelapa, hingga Singkong

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Keripik kelakai, juhu kelakai, dan olahan tanaman kelakai lainnya adalah kuliner khas Dayak. Tidak hanya itu, mereka juga memanfaatkan tanaman lain untuk dijadikan makanan.

Artinya, masyarakat Dayak sudah terbiasa memanfaatkan tanaman di sekitar mereka untuk dijadikan kuliner khas. Selain kelakai, tersebutlah rotan, kelapa, dan juga singkong.

Tanaman di atas diolah masyarakat Dayak menjadi kuliner khas yang menggiurkan. Seperti juhu kelakai, ketiga bahan dari tanaman ini pun dibuat sayur yang mengandung kuah gurih.

Melansir mmc.kalteng.go.id, Kamis (21/9/2023), berikut sayuran yang dimaksud beserta nama dan penjelasannya:

  1. Rotan

Makanan yang berbahan tanaman rotan disebut masyrakat dayak sebagai juhu umbut rotan. Ya, umbut rotan atau dikenal uwut nang’e adalah kuliner khas Suku Dayak yang berbahan dasar rotan muda.

Ya, makanan ini memang menggunakan rotan yang masih muda atau tunas yang tumbuh pada pangkal. Sangat mudah diperoleh di hutan atau di tepi sungai, karena itulah masyarakat Dayak menggunakannya.

Rotan tersebut dibersihkan kemudian dibuang kulitnya dan dipotong dalam ukuran kecil. Umbut rotan dimasak bersama dengan ikan baung, bumbu, dan terong asam.

Rasa yang gurih, asam, dan sedikit pahit, yang dipadukan dengan manisnya daging ikan menjadi ciri khas dari kuliner ini.

Juhu umbut rotan memiliki cita rasa yang khas karena dimasak dengan beberapa rempah. Akan sangat nikmat bila dipadukan dengan ikan bakar dan sambal yang pedas.

  1. Kelapa

Makanan ini bernama juhu umbut sawit. Makanan ini menjadi kuliner terfavorit dan wajib dihidangkan dalam acara-acara besar seperti syukuran karena rasanya yang gurih, nikmat, dan juga sangat lezat.

Sayuran ini berbahan bongkol pohon kelapa. Bentuk serta warnanya juga tidak jauh beda dengan rebung yakni berwarna putih.

Namun. perbedaannya terdapat pada rasa. Sayuran ini jauh lebih manis apabila dibandingkan dengan sayuran rebung. Hal ini karena sayur umbut sawit ini asalnya dari kelapa.

Tidak heran jika suku Dayak sangat menggemari sayuran ini padahal masih dalam keadaan yang mentah atau belum dimasak. Biasanya juhu umbut sawit ini akan dimakan dicampur dengan sambal.

  1. Singkong

Makanan ini disebut kalumpe atau karuang. Istilah "kalumpe" digunakan dalam bahasa Dayak Maanyan, sedangkan "karuang" digunakan dalam bahasa Dayak Ngaju.

Kalumpe diolah dengan cara menumbuk daun singkong hingga halus yang dicampur dengan terong kecil atau terong pipit, ditambah dengan beragam bumbu yang sudah dihaluskan.

Kalumpe atau karuang mengandung kuah kental. Setelah kalumpe jadi biasanya tidak langsung disajikan, melainkan diberi taburan kacang tanah dan ikan teri terlebih dahulu.

Selain kalumpe atau karuang, sayuran ini juga disebut dengan nama sungkai dan rungkai. Umumnya kuliner ini disajikan bersama dengan sambal terasi, ikan asin, tentu saja nasi hangat.

Demikian soal tanaman yang dijadikan bahakan kuliner khas Dayak. Selain kelakai ada juga rotan, kelapa, dan singkong. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment