3 Cara Blokir Iklan Google di Smartphone Android agar Tidak Mengganggu Aktivitas

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Berikut ini artikel tentang 3 cara blokir iklan Google di smartphone Android, agar tidak mengganggu kegiatan berselancar di dunia maya.

Dalam pembahasan mengenai 3 cara blokir iklan Google di smartphone Android ini, diharapkan ads yang mengganggu tidak dapat muncul kembali. Baik ketika sedang membuka suatu situs, atau saat ponsel terhubung dengan internet.

Selain itu, 3 cara blokir iklan Google di smartphone Android ini juga berlaku pada perangkat tablet. Asalkan, produk tersebut menggunakan sistem Android saja.

Bagi pengguna Android, rasanya iklan yang bermunculan saat online sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bila tengah berada di momen yang asyik ads yang nongol di tengah-tengah kegiatan sangatlah mengganggu.

Lumrahnya, bentuk iklan yang sering dianggap mengganggu berupa pengalihan halaman. Bila tidak sengaja terpencet, pengguna akan disuguhkan laman situs baru yang tidak diinginkan.

Kemunculan iklan tersebut tidak lain lantaran aplikasi Google sendiri merancang hal itu. Bila tidak disetel dengan benar, ads ini akan terus keluar dan mengharuskan pengguna ponsel menutupnya satu persatu.

Pada kesempatan lain, iklan yang bertajuk rekomendasi suatu situs juga bisa muncul begitu saja meski sedang tidak membuka Google. Situs tersebut akan dikirimkan ke ponsel dalam bentuk notifikasi.

Selain membuat jengkel bagi beberapa pihak. Ads dari Google ini lambat laun akan mempengaruhi kinerja ponsel. Tidak bisa dipungkiri, salah satu akibatnya berupa performa perangkat yang semakin lemot.

Agar dapat mengatasi permasalah tersebut, simak uraian 3 cara blokir iklan Google di smartphone Android ini:

Blokir Popup Iklan Google Chrome.

Google Chrome merupakan mesin pencarian yang cukup diminati oleh pengguna Android. Tampilan halaman yang simpel padanya, merupakan faktor ketika menggunakannya.

Sayangnya, Google Chrome sendiri memiliki segudang iklan yang dapat muncul secara tiba-tiba. Untuk memblokirnya, berikut langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Pilih ikon titik tiga yang terletak di pojok atas sebelah kanan. Lokasi detailnya berada di tampilan utama.
  3. Klik opsi 'Setelan'.
  4. Pilih opsi 'Setelan Situs'.
  5. Gulir ke bawah, hingga berjumpa dengan pilihan 'Pop-Up dan Pengalihan'.
  6. Geser toggle untuk memblokir iklan popup.

Blokir Iklan Google yang Mengganggu

Berbeda dengan memblokir iklan yang tiba-tiba muncul, cara selanjutnya bisa dijumpai dengan kategori yang mengganggu. Berikut penjelasannya.

  1. Buka aplikasi Google.
  2. Klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  3. Pilih opsi 'Setelan'.
  4. Klik opsi 'Iklan Mengganggu'.
  5. Geser toggle untuk memblokirnya.

Blokir Notifikasi Situs Google Chrome.

Notifikasi dari sebuah situs Google Chrome ini biasa dijumpai saat berada di dalam atau di luar aplikasi. Modenya seperti pemberitahuan pesan masuk yang berada di atas.

Agar notifikasi tersebut tidak datang kembali, berikut cara memblokirnya:

  1. Tekan lama aplikasi Google Chrome dalam beberapa saat.
  2. Pilih opsi 'Info Aplikasi'.
  3. Klik opsi 'Notifikasi'.
  4. Geser ke bawah, hingga pilihan 'Situs' dijumpai.
  5. Geser toggle ke kiri untuk memblokirnya.

Demikianlah uraian dari 3 cara blokir iklan Google di smartphone Android. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (Dzikrullah) ***

Leave a comment