3.567 Mahasiswa Baru Unisma Ikuti Oshika Maba 2023

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MALANG, insidepontianak.com - Universitas Islam Malang atau Unisma, menyambut 3.567 mahasiswa baru pada acara pembukaan Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus (Oshika) tahun ajaran 2023/2024, Senin (18/9/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, dengan mengusung semangat Kampus Multikultural. Tema tersebut usung karena banyak mahasiswa baru yang berasal dari berbagai suku, negara, dan agama.

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, M.Si, mengatakan, terdapat hal menarik tentang keberagaman mahasiswa baru Unisma kali ini.

Dari jumlah 3.567, sebanyak 3.531 mahasiswa berasal dari 32 provinsi di seluruh Indonesia. Sedangkan 36 mahasiswa lainnya merupakan mahasiswa asing yang mewakili 8 negara, termasuk Rumania, Belgia, Yaman, Sudan, Korea, Palestina, Mesir, dan Timor Leste.

“Bagi mahasiswa yang Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu, jangan kecil hati. Karena anda adalah saudara kami semua, dan juga mendapatkan pelayanan yang sama dengan yang muslim, tidak akan kami beda-bedakan. Bahkan, saya berharap ke depan, ajak teman dan saudara-saudara anda belajar di Unisma sebagai kampus multikultural,” ujar Prof Maskuri, ditemui usai memimpin Rapat Terbuka Senat Oshika Maba 2023.

Lebih lanjut, Prof Maskuri juga menekankan prinsip inklusivitas di Unisma. Pihaknya menegaskan bahwa seluruh mahasiswa, tanpa memandang agama, akan mendapatkan perlakuan yang sama dalam hal pelayanan selama perkuliahan.

“Harapannya semua di sini bersatu, sehingga di situlah kekuatan Unisma dengan cross culturenya dari berbagai suku, bangsa, negara, dan agama, itu ada di Kampus Universitas Islam Malang,” tuturnya.

Di sisi lain, dalam kesempatannya saat membuka Rapat Senat tersebut. Prof Maskuri juga mengingatkan kepada para mahasiswa baru, terkait pentingnya keseimbangan antara ilmu dan agama.

Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan bahwa di Unisma, mahasiswa muslim akan mengikuti beragam aktivitas untuk meningkatkan pemahaman keberagamaan.

“Mulai dari Halaqoh Diniyah, Kuliah Agama, Kajian Islam interdisipliner, Latihan Kepemimpinan Ahlussunnah Wal Jama’ah, dan pesantrenisasi. Maka, cintai dan nikmati setiap momen yang anda jalani di sini. Karena titik-titik itu akan membuka dan membentuk pribadi anda semua,” pungkasnya.

Terpisah, Wali Kota Malang, Sutiaji, memberikan orasi ilmiah berjudul “Menjadi Generasi Unggul Menyongsong Indonesia Emas 2045” dalam Rapat Senat tersebut. Pihaknya menyoroti pentingnya untuk beradaptasi dalam era digitalisasi dan perubahan informasi yang semakin cepat.

“Kita perlu menjadi kreatif, memiliki mentalitas kuat, dan karakter yang kokoh untuk menjadi pemimpin masa depan. Selain itu, kita harus mempersiapkan diri dengan kapasitas teknis yang maksimal,” ungkap Wali Kota Sutiaji.

Sementara, untuk membekali generasi muda dalam mengasah keterampilan dan kreatifitasnya di era globalisasi saat ini. Sutiaji juga menyebutkan keberadaan gedung Malang Creative Center (MCC), sebagai fasilitas yang tersedia bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan kompetensi mereka.

“Di Kota Malang ini, kami juga menyediakan tempat bagi anda semua untuk mengembangkan kemampuan kreatifnya, kemampuan kompetensinya. Salah satunya dengan ketersediaan Malang Creative Center (MCC). Anda bisa memanfaatkan gedung tersebut untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas,” tegasnya.

Sebagai informasi, terdapat hal berbeda dalam pembukaan Oshika Maba Unisma di tahun 2023 ini. Pasalnya dalam acara tersebut juga dilaunching Maskot Si Sandya, simbolis penyambutan mahasiswa baru di era pendidikan revolusioner.***

Tags :

Leave a comment