Menikmati Ikan Jelawat Bakar, Ikon Wisata Kuliner Kalimantan Tengah: Ini Resep dan Cara Membuatnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Ikan jelawat adalah ikan endemik yang hidup di sungai-sungai di Kalimantan. Di Kalimantan Tengah, ikan ini bahkan sudah menjadi ikon wisata kuliner, terutama ikan jelawat bakar.

Ya, ikan jelawat bakar bak primadona yang selalu dicari pelancong. Terkhusus Kota Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menu ini bahkan sangat identik.

Tidak hanya menu bakar, sosok ikan jelawat pun dijadikan ikon kota tersebut. Itulah sebab, bagi Kalimantan Tenah, keberadaan jenis ikan ini sangat penting.

Melansir baramatour.co.id dan cookpad.com, Senin (25/9/2023), tekstur ikan jelawat yang lembut dan empuk sangat digemari oleh pecinta kuliner.

Rasa daging ikan cenderung memiliki rasa yang manis. Meski begitu, ikan ini memiliki duri-duri halus di dalam daging sehingga perlu hati-hati untuk memakannya.

Dengan banyaknya olahan tradisional ikan jelawat, wisatawan semakin antusias untuk menikmati wisata kuliner Kalimantan Tengah. Pun, ikan jelawat yang bisa dimasak dengan cara apapun dengan bumbu yang beragam.

Misalnya, menu olahan seperti tu’up jelawat, yakni ikan yang dimasak dengan ditumis dengan racikan bumbu yang pas. Kuah kuningnya yang khas meski sederhana, digemari oleh banyak wisatawan.

Selain dimasak tu’up, jelawat dapat diolah sebagai sup maupun gulai karena tekstur dagingnya yang manis, padat, dan lembut.

Dan tent saja ikan jelawat bakar. Menu yang terkesan sederhana ini sangat diminati karena pada dasarnya ikan jelawat berasa manis dan segar. Ketika dibakar pun, ikan jelawat bisa disesuaikan dengan selera.
Maksudnya, ada yang bakar murni yakni sekadar ikan ditambah garam dan asam. Ada yang bakar dengan memakai bumbu kuning layaknya pepes. Ada juga yang bakar dengan madu.

Namun yang jelas, semakin lezat dipadukan dengan sambal, apapun jenis. Pun jangan lupa olahan sayur khas Kalimantan Tengah, misalnya juhu umbut rotan.

Nah, berikut resep dan cara membuat ikan jelawat bakar madu secara umum:

Bahan

  • 1 ekor ikan jelawat (-+ 600 gram)
  • 5 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1/2 ruas jari jahe
  • 1/2 sdk teh ketumbar
  • 1/4 sdk teh merica
  • 3 sdk makan madu
  • 1 sdk makan margarin, dicairkan
  • 1 sdk makan kecap manis
  • 1 sdk teh garam
  • secukupnya air jeruk nipis

Cara Membuat

  1. Siangi dan cuci bersih ikan jelawat, lumuri air jeruk nipis, diamkan beberapa saat
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, kunyit dan jahe
  3. Tambahkan garam, margarin cair, madu, dan kecap manis ke dalam bumbu halus
  4. Cuci bersih ikan yang tadi dilumuri air jeruk nipis
  5. Lumuri dengan bumbu halus
  6. Diamkan di lemari es selama satu jam
  7. Setelah satu jam, bakar ikan di atas arang
  8. Setelah matang, ikan jelawat bakar pun siap disajikan

Demikian informasi soal ikan jelawat bakar, ikon wisata kuliner di Kalimantan Tengah. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment