Pulau Samber Gelap, Surga Kotabaru yang Indah Saat Angin Barat: Hindari Berkunjung di Waktu Lain

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Alam yang indah kadang tak bisa dinikmati sembarang waktu. Seperti Pulau Samber Gelap, surga di Kabupaten Kotabaru ini idealnya hanya dikunjungi saat Angin Barat.
 
Artinya, selain saat Angin Barat berhembus, maka sangat berisiko mengunjungi Pulau Samber Gelap. Pasalnya, surga yang tersembunyi di Kotabaru itu sedang tidak ramah.
 
Dengan kata lain, disarankan menikmati alam indah bak surga Pulau Samber Gelap Kotabaru adalah ketika Angin Barat dan hindari saat Angin Utara atau Angin Tenggara bertiup.
 
Melansir bappeda.kotabarukab.go.id dan profilbaru.com, Selasa (26/9/2023), ada kalanya Pulau Samber Gelap tidak ramah. Gelombangnya tinggi dan berisiko mengarungi laut menuju pulau tersebut.
 
Lokasi pulau ini dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu dua jam perjalanan menggunakan speedboat. Perlu mempertimbangkan waktu keberangkatan pada pagi hari serta pada bulan-bulan tertentu. 
 
Hal ini dikarenakan gelombang tinggi dan angin kencang yang dapat membahayakan pelayaran. Bulan yang disarankan yaitu April, Mei, Oktober, November, dan Desember ketika angin yang bertiup yaitu Angin Barat.
 
Itulah sebab bulan yang tidak disarankan yaitu bulan Januari, Februari dan Maret saat angin yang bertiup Angin Utara serta Juni, Juli, Agustus, dan September ketika angin yang bertiup Angin Tenggara.
 
Yang jelas, pulau ini dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Jika sesuai waktunya, Pulau Samber Gelap ini bak surga.
 
Pantainya memiliki pasir yang sangat lembut dan putih, dengan gelombang yang tidak terlalu besar. Pun, airnya dangkal dengan air berwarna hijau muda dan kebiruan.
 
Salah satu daya tarik Pulau Samber Gelap adalah mercusuar yang berdiri gagah, memberikan pemandangan yang memukau dari ketinggian.
 
Pengunjung yang beruntung akan menyaksikan penyu-penyu bertelur di malam hari, mengingat pulau ini merupakan tempat penangkaran mereka.
 
Dari sini, Anda dapat memanjakan mata dengan panorama yang menakjubkan, meliputi keindahan pulau dan samudera yang terhampar luas. Sensasi melihat dunia dari ketinggian akan membuat hati Anda terpukau.
 
Pulau ini berjarak 37 mil laut atau 69 km dari Pantai Gedambaan. Pulau Samber Gelap sering menjadi tempat singgah nelayan jika sedang ada cuaca buruk yang terjadi selama pelayaran.
 
Pulau ini termasuk dalam pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin, Kalimantan Seltermas
 
Secara administrasi Pulau Samber Gelap terletak di Sarakaman, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Untuk mencapai pulau ini, Anda dapat menggunakan transportasi speedboat atau menyewa kapal nelayan.
 
Perjalanan dari Pelabuhan Panjang Kotabaru memakan waktu sekitar dua jam. Meskipun perjalanan panjang dan melelahkan, semua itu akan terbayar ketika Anda akhirnya tiba di Pulau Samber Gelap.
 
Demikian soal wisata Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan, yang memiliki 'pantangan' waktu berkunjung. Semoga bermanfaat. (Adelina)
[15.25, 26/9/2023] Cc Adel: Pulau Samber Gelap terletak di Sarakaman, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. (Foto: Instagram @wisata.kalsel)
[15.26, 26/9/2023] Cc Adel: Ragam Aktivitas Wisata di Pulau Samber Gelap Kotabaru:

Leave a comment