Ragam Aktivitas Wisata di Pulau Samber Gelap Kotabaru: dari Snorkeling hingga Melihat Penyu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Banyak yang bisa dilakukan saat wisata di Pulau Samber Gelap Kotabaru. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan snorkeling bahkan dapat melihat aktivitas penyu.
 
Ya, Pulau Samber Gelap adalah kawasan konservasi penyu. Pun destinasi wisata di Kabupaten ini menawarkan pemandangan yang luar biasa, baik pantai maupun alam bawah lautnya.
 
Penyu yang beraktivitas di Pulau Samber Gelap adalah jenis penyu hijau dan penyu sisik. Artinya, saat di destinasi wisata Kotabaru ini Anda akan mendapat paket yang lengkap.
 
Melansir ruangwisata.com dan bappeda.kotabarukab.go.id, Selasa (26/9/2023), Pulau Samber Gelap menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan, tempat sempurna untuk menyelam dan mengeksplorasi kehidupan laut dengan snorkeling.
 
Anda akan terpesona oleh keanekaragaman terumbu karang dan ikan-ikan yang berlarian riang di sekitarnya. Selain itu, Pulau Samber Gelap menawarkan kegiatan seru yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang berani mengeksplorasi.
 
Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, pulau ini adalah surga yang menawarkan ikan-ikan berlimpah. Anda bisa merasakan kegembiraan ketika tali pancing Anda ditarik oleh ikan-ikan. Sungguh suatu kepuasan yang tak terkatakan.
 
Tak hanya itu, pemandangan matahari terbenam di Pulau Samber Gelap juga merupakan atraksi yang memikat hati. Anda akan terpesona oleh warna-warni indah saat matahari perlahan tenggelam di cakrawala.
 
Pun, dalam keheningan Pulau Samber Gelap, penyu-penyu menemukan tempat perlindungan yang nyaman. Pengunjung yang beruntung akan menyaksikan penyu-penyu bertelur di malam hari.
 
Namun, bagi Anda yang berkeinginan untuk berkemah di Pulau Samber Gelap, perlu diketahui bahwa izin tertulis harus diperoleh terlebih dahulu dari pihak yang berwenang.
 
Sebagai informasi Pulau Samber Gelap ini termasuk dalam pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
 
Letaknya berjarak 37 mil laut atau 69 km dari Pantai Gedambaan. Pulau Samber Gelap sering menjadi tempat singgah nelayan jika sedang ada cuaca buruk yang terjadi selama pelayaran.
 
Secara administrasi Pulau Samber Gelap terletak di Sarakaman, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Untuk mencapai pulau ini, Anda dapat menggunakan transportasi speedboat atau menyewa kapal nelayan.
 
Perjalanan dari Pelabuhan Panjang Kotabaru memakan waktu sekitar dua jam. Meskipun perjalanan panjang dan melelahkan, semua itu akan terbayar ketika Anda akhirnya tiba di Pulau Samber Gelap.
 
Perlu mempertimbangkan waktu keberangkatan pada pagi hari serta pada bulan-bulan tertentu. Hal ini dikarenakan gelombang tinggi dan angin kencang yang dapat membahayakan pelayaran.
 
Salah satu daya tarik Pulau Samber Gelap adalah mercusuar yang berdiri gagah, memberikan pemandangan yang memukau dari ketinggian. Anda bisa naik ke atasnya sembari melihat pemandangan yang menakjubkan.
 
Demikian soal wisata Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment