3 Cara Memulihkan Akun WhatsApp yang Dibobol Jarak Jauh

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Kejahatan siber sudah kerap didengar pengguna medsos. Oleh karena itu, artikel 3 cara memulihkan akun WhatsApp yang dibobol jarak jauh ini cukup membantu.

Sebagaimana yang akan dibahas, 3 cara memulihkan akun WhatsApp yang dibobol jarak jauh ini sangatlah penting bagi sebagian pengguna. Sebab, artikel ini erat kaitannya dengan cara mengambil alih akun.

Selain membahas 3 cara memulihkan akun WhatsApp yang dibobol jarak jauh. Artikel ini juga berkepentingan memberi saran, agar akun media sosial kokoh dari serangan siber lainnya.

Pengambil alihan akun WhatsApp oleh orang ketiga tanpa tanggung jawab pastinya sangat meresahkan. Bila jatuh ke tangan yang salah, akun akan dimanfaatkan untuk melancarkan aksi kejahatan.

Parahnya, bisa-bisa akun WhatsApp yang telah diretas dioperasikan untuk menipu. Sehingga, pemilik akun dapat saja menerima getah dari tindakan kriminal tersebut.

Sebenarnya, WhatsApp sendiri telah menyediakan beberapa keamanan seperti end-to-end encryption. Dimana, pihak ketiga tidak dapat mengintip isi percakapan pengguna.

Selain itu, aplikasi dari cabang perusahaan Meta ini juga telah dibekali dengan keamanan 'Dua Langkah Verifikasi'. Namun, kedua sistem keamanan tersebut tidak menjamin akun selamat dari aksi pembobolan.

Bila sebuah akun sudah kebobolan, pengguna akan merasa kebingungan untuk mengambil alih kembali.

Agar dapat memecahkan masalah tersebut, berikut uraian 3 cara memulihkan akun WhatsApp yang dibobol jarak jauh:

  1. Keluarkan WhatsApp dari Perangkat Asing.

Sebagai bentuk kemudahan, satu akun WhatsApp memungkinkan dioperasikan di berbagai perangkat. Sayangnya, penautan akun tersebut dapat saja menjadi malapetaka.

Bila sudah kadung terlanjur menautkan WhatsApp di perangkat bukan milik pribadi. Lalu, lupa mengeluarkannya maka bisa saja akun disalahgunakan oleh orang lain.

Bila kasus yang sedang dialami seperti ini, berikut cara mengeluarkan akun WhatsApp dari perangkat asing:

  • Buka pengaturan WhatsApp.
  • Pilih opsi 'Perangkat Tertaut' atau 'Linked Device'.
  • Pilih jenis perangkat yang tertaut agar akun bisa dikeluarkan.
  • Klik 'Log Out'
  1. Akun Harus Log In Lagi.

Selanjutnya, bila menemukan aktivitas mencurigakan di akun WhatsApp yang digunakan. Pengguna dapat menghapus aplikasi, agar akun dapat digunakan kembali.

Setelah berhasil menguninstal aplikasi, berikut panduan log in yang harus diikuti:

  • Unduh kembali WhatsApp di Play Store atau App Store.
  • Buka WhatsApp.
  • Masukkan nomor yang hendak digunakan.
  • Lakukan verifikasi melalui kode OTP yang akan dikirimkan via SMS.

Dengan mendapatkan kode OTP, peretas dari jarak jauh sudah keluar dari akun secara otomatis. Jangan pernah berikan kode tersebut ke orang lain.

  1. Laporkan Via Email.

Selain melakukan kedua cara di atas, mengambil alih akun WhatsApp yang diretas dari jarak jauh bisa juga melalui pelaporan secara email.

Melaporkan aksi yang mencurigakan ini harus dengan alamat resminya. Mengutip dari laman resmi WhatsApp, Rabu (27/9), laman email mereka bernama [email protected].

Beritahukanlah kendala yang dialami dengan lengkap. Misal bagaimana akunmu bisa diretas, perkiraan waktu kejadian pembobolan juga harus disebutkan.

Setelah menceritakan kronologisnya dengan lengkap, barulah pihak WhatsApp akan melakukan investigasi. Tunggulah beberapa saat untuk mendapat tanggapan.

Perlu diingat, semakin cepat pengguna melaporkan aksi peretasan, semakin cepat pula pihak WhatsApp akan mengusut masalah yang dialami.

Demikianlah pembahasan tentang 3 cara memulihkan akun WhatsApp yang dibobol jarak jauh. Semoga penjelasan di atas bermanfaat! (Dzikrullah) ***

Leave a comment