Cobalah Ketupat Kandangan Banjarmasin: Ini Empat Warung Recommended

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Kuliner khas Banjarmasin yang cukup dikenal salah satunya adalah ketupat Kandangan. Dan, ada banyak warung atau tempat makan yang dikenal menjual menu itu di kota tersebut.

Seperti ketupat Kandangan pada umumnya, warung yang dimaksud juga menggunakan kuah santan. Pun, ikan haruan yang dimasak dengan cara diasapi.

Yang jelas, ketupat Kandangan di warung-warung ini cukup laris. Banyak pelancong pun warga setempat yang mendatangi dan mencoba kuliner khas Banjarmasin tersebut.

Sebagai informasi, Kandangan adalah nama ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Meski begitu, ketupat Kandangan begitu populer di Banjarmasin, bahkan sampai ke daerah lain.

Melansir ksmtour.com, Rabu (27/9/2023), di Kandangan ada sebuah tugu besar berbentuk ketupat. Itu adalah monumen sebagai tanda Kota Kandangan yang dikenal karena kelezatan cita rasa khas kulinernya, yaitu Ketupat Kandangan.

Ketupat Kandangan ini, selain Banjarmasin dan Kalimantan Selatan, juga terkenal di Balikpapan, Samarinda, hingga Yogyakarta, dan daerah lainnya.

Ketupat Kandangan biasanya disantap saat sarapan. Namun, bagi masyarakat Banjarmasin, makanan ini juga kerap disantap saat sore juga malam.

Nah, berikut empat warung ketupat Kandangan yang recommeded di Banjar masin seperti dilansir travelingyuk.com, Rabu (27/9/2023):

  1. Ketupat Kandangan Hj. Mursinah
  2. Ketupat Kandangan Ibu Hj. Mursinah merupakan salah satu yang melegenda di Banjarmasin. Tempat ini telah dirintis sejak tahun 1965.

Penggagasnya tak lain adalah Hj. Mursinah yang awalnya berjualan ketupat bersama dengan mertuanya, sebelum kemudian memutuskan berdagang mandiri.

Cita rasa dan tampilan ketupat di sini begitu menggugah selera. Ketupat Kandangan Hj. Mursinah bisa kalian kunjungi di Jl. Cendrawasaih RT/RW: 29/7, Banjarmasin.

  1. Warung Kaum

Warung ini berada di Jl. Bumi Mas Raya Komp, Sasana Santi, Banjarmasin. Menu andalan di sini adalah ketupat kandangan dengan kuah melimpah, plus rasa gurih yang bikin ketagihan.

Tempatnya memang sederhana, namun cita rasa ketupat kandangan di sini bisa memuaskan perut yang tengah kelaparan.

Cobalah sensasi berbeda menikmati seporsi ketupat yang diremas, dimasukkan dalam kuah santan, dan dimakan menggunakan tangan.

  1. Ketupat Kandangan Hj Ida

Ketupat Kandangan Hj Ida juga termasuk kuliner legendaris di Banjarmasin. Tempat makan ini telah ada sejak tahun 1995.

Lokasinya berada di Jl. Kampung Melayu Darat. Warga sekitar biasa memilih warung ini sebagai jujukan untuk sarapan pagi, karena rasa ketupatnya benar-benar gurih dan nendang.

Ketupat disiram kuah santan, sebelum dihidangkan bersama dengan telur puyuh ataupun ayam kampung, dijamin bakal hasilkan sensasi rasa berbeda. Ditambah sambal, sensasi kelezatannya bakal makin menonjol.

  1. Depot Dinda
    Depot Dinda juga menawarkan ketupat kandangan sebagai salah satu menunya. Kuliner ini termasuk salah satu yang cukup recommended.

Alamatnya berada di Jl. Gunungsari Raya No. 7, samping Koramil, Banjarmasin Tengah. Mereka buka mulai dari 07:00 hingga 15:00 WITA. Dijamin tak bakal kecewa dengan cita rasa otentik ketupat kandangan di sini.

Demikian soal empat warung ketupat Kandangan yang recomended di Banjarmasin. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment