Embung Kebun Raya Banua Banjarbaru, Danau Buatan Seluas 4,5 Hektare: Diincar Pencari Sunset

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Fasilitas lain yang cukup menarik perhatian khalayak di Kebun Raya Banua Banjarbaru adalah embung. Ya, danau buatan seluas 4,5 hektare ini memang sangat menawan ketika sunset.

Sebagai informasi, selain indah kala sunset, embung ini sejatinya dibangun sebagai antisipasi ancaman musim kemarau. Artinya, berfungsi untuk cadangan air di Kebun Raya Banua Banjarbaru.

Nyatanya, embung ini menambah keindahan Kebun Raya Banua di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dan menjadi destinasi pilihan bagi pencari keindahan matahari terbenam alias sunset.

Melansir kalselprov.go.id dan sumber lainnya, Kamis (5/10/2023), kehadiran proyek embung memperkaya obyek wisata di dalam Kebun Raya Banua. Desainnya memang diset layaknya danau buatan.

Sebagai informasi, embung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan. Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan.

Artinya, Embung Kebun Raya Banua adalah cadangan air bagi kepentingan pemeliharaan tanaman koleksi dan mengantisipasi ancaman krisis air saat kemarau. Dan, embung ini dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai II Regional Kalimantan dan Kementerian PUPR.

Kebun Raya Banua di kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dulunya merupakan kawasan pertambangan emas. Itulah sebab, kini Kebun Raya Banua dinilai sebagai bukti keberhasilan reklamasi paska tambang.

Lokasi tepatnya di Jalan Aneka Tambang, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. Untuk perencanaan pembangungan dari kebun raya ini dilakukan pada 13 Februari 2013. Lalu, pada 8 Desember 2016 baru diresmikan.

Kebun Raya Banua ini cukup luas, lahannya sekitar 100 hektare. Di sini juga menjadi salah satu tempat untuk pengembangan, perlindungan dan juga penyelamatan dari berbagai macam tanaman lokal yang berasal dari Kalimantan Selatan.

Kebun Raya Banua sendiri telah mempunyai beragam koleksi tanaman yang langka. Untuk jumlahnya sendiri yakni sekitar 3.000 pohon, tanaman tersebut didapatkan dari berbagai sumber.

Yang jelas, mengunjungi Kebun Raya Banua Banjarbaru adalah pengalaman menarik yang patut dikenang. Apalagi ada suasana beda ketika petang di embung-nya.

Ya, di embung ini Anda bisa menikmati keindahan sunset atau matahari tenggelam. Jika tak tertutup awan, keindahan matahari tenggelam bisa disaksikan dengan jelas dari bagian embung.

Terdapat dermaga kecil yang bisa dijadikan tempat santai pengunjung untuk sekedar duduk atau bermain air di sekitaran embung. Namun, pengunjung dilarang keras untuk berenang di dalam Embung Kebun Raya Banua.

Embung ini berada tak jauh dari lokasi masuk, berada di samping taman tepatnya sebelah kiri. Selain embung, Anda juga bisa mengeksplore taman labirin, rumah flinstone, konservatorium, kantor pembibitan, hingga gardu pandang.

Demikian soal embung yang berada di Kebun Raya Banua Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat. (Adelina).***

Leave a comment