Cara Menikmati Menu Super Sehat Bubur Bakar Pontianak: Tiup Dulu Baru Disantap

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Jangan buru-buru menyantap Bubur Bakar Pontianak, lidah Anda bisa serasa dibakar. Ya, pasalnya menu super sehat ini disajikan dalam keadaan mendidih.

Artinya, butuh kesabaran dalam menikmati menu sehat ini. Tiup atau dinginkan dulu, setelah itu baru nikmati Bubur Bakar Pontianak yang lezat.

Begitupun, pada fitrahnya bubur memang nikmat disantap saat panas. Mungkin, itulah sebab banyak yang tak sabar ketika mencoba menu sehat Bubur Bakar Pontianak ini.

"Masih mendidih, macam hidup dia," kata seorang ibu, ketika membuka mangkuk Bubur Bakar Pontianak yang tiba di mejanya, seperti dilansir kanal YouTube, affanptk channel, Senin (9/10/2023).

Sang ibu kemudian menyendok bubur tersebut. Dia meniupnya. Namun, mungkin karena tidak lama meniupnya, dia langsung melepeh bubur itu begitu masuk mulut. "Panas!" katanya.

Ya, adegan di atas tentunya bukan rekayasa. Sang ibu memang sedang menemani anaknya, sang pemilik akun chanel, mencoba Bubur Bakar Pontianak di Jalan Gusti Hamzah atau Pancasila, Kecamatan Pontianak Kota.

Pada video yang diunggah pada 5 September 2023 itu, ibu dan anak ini memang tertarik dengan menu yang mereka anggap unik. Ya, bayangkan saja, ada bubur yang dibakar.

Mereka mendatangi warung itu dan melihat proses memasak Bubur Bakar Pontianak tersebut. Pertama, bubur yang ada di dalam dandang besar, dipindahkan ke wadah semacam claypot. Yakni, mangkuk bertutup yang terbuat dari keramik atau tanah liat.

Claypot yang berisi bubur, hanya bubur, itu kemudian dibakar atau dipanggang di atas kompor. Setelah mendidih, sebutir ayam kampung mentah kemudian dimasukkan ke dalam wadah itu.

"Kalau yang original tidak pakai ayam kampung," jelas sang penjual.

Ya, ibu dan anak itu memesan menu original dan dan komplet. Beda kedua varian ini terletak pada telur ayam kampung saja, lainnya sama.

Setelah memasukan telur, penjual kemudian membiarkan sesaat bubur yang dibakar tersebut. Tak lama kemudian dia memindahkan claypot tadi dan mulai memasukan topping lain.

Maka, wadah yang sebelumnya berisi bubur saja kini penuh dengan butiran jagung, sosis, bakso ikan, jamur kuping, ayam suwir, ikan cekalang, pangsit goreng, kentang goreng, kacang kedelai, daun sop dan daun bawang, dan tentu saja bawang goreng.

"Wah, lengkaplah semuanya. Sehat banget ini," cetus si anak yang memegang kamera.

Setelah tersusun rapi dalam wadah, Bubur Bakar Pontianak pun dihidangkan. Ada dua mangkuk lain yang disajikan, yakni kuah kaldu dan kerupuk. Di meja juga tersedia potongan jeruk, sambal, dan kecap manis.

"Enak," kata sang ibu sambil menuangkan kuah kaldu. Setelah itu dia kembali meniup sendok yang berisi bubur.

Sang anak ketinggalan, dia menambahkan perasan jeruk, kuah kaldu, dan kecap. Tidak lupa meniup bubur yang masih mendidih. Tidak seperti sang ibu, si anak mengaduk-aduk isi bubur itu hingga menyatu semuanya.

Seiring waktu keduanya pun menikmati menu sehat Bubur Bakar Pontianak itu dengan lahap. Yang original seharga 12 ribu dan yang komplet 20 ribu rupiah.

Nah, bagi Anda yang berminat, silakan menikmati Bubur Bakar Pontianak yang buka tiap hari dari pukul 06.00-11.00 WIB. Semoga bermanfaat. (Adelina), ***

Leave a comment